Keren, Siswa SMP IT Insan Sejahtera Sumedang Ciptakan 11 Jenis Robot New Normal

oleh -
Beberapa robot new normal yang merupakan hasil dari program TLC SMP IT Insan Sejahtera Sumedang dengan mengusung tema Robotic STEM Project

KOTA, RADARSUMEDANG.ID—Siswa-siswi SMPIT Insan Sejahtera berhasil menciptakan Robot Era New Normal untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19. Pembuatan robot ini sebagai hasil karya dari rangkaian kegiatan Project Based Learning dengan sistem komunitas belajar berbasis kewilayahan (Territory Learning Community).

Project Based Learning SMP IT Insan Sejahtera ini mengusung tema Robotic STEM Project, dalam program ini siswa berkolaborasi dan mengeksplorasi serta menghasilkan sebuah karya berupa robot, yang merupakan program intrakulikuler unggulan di SMP IT Insan Sejahtera.

Kepala SMP IT Insan Sejahtera, Khodijah Mustaqimah, S.E, M.Si, mengatakan penerapan pendekatan Robotic STEM dalam project ini juga merupakan kompetensi abad 21 yang harus siswa miliki. Karena penerapan STEM (Science Technology Engineering Math) ini dapat siswa gunakan untuk menjawab masalah dalam kehidupan sehari – hari dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini.

“Dimana dalam pembelajaran ini kita menggabungkan antara pengetahuan (Science), keterampilan dengan mendesain sebuah karya (Engineering) dan menyusunnya secara sistematis dan logis (Mathematic). Dan pembelajaran seperti ini merupakan pembelajaran di era masa depan. Dimana semuanya akan berbasis pada kemajuan teknologi,” terang Khodijah, Selasa (6/4/2021).

Khodijah menjelaskan pada project kali ini siswa dibentuk menjadi sebuah kelompok berdasarkan wilayah, dan didampingi oleh mentor. “Setiap kelompoknya merancang project berdasarkan permasalahan yang di dapat. Harapannya project berupa Robot Era New Normal ini dapat menjadi solusi untuk mencegah penyebaran virus Covid-19,” jelasnya.

Sebut saja, salah satu project robotnya adalah Robot DistCap (Topi) dan Robot Mask the Social Distancer. Robot Topi dan Masker ini berfungsi untuk menjaga jarak dengan menggunakan sensor Ultrasonik.

“Perangkat alat ini memiliki keakuratan kinerja yang baik dan cepat. Alat ini akan mendeteksi dan memberi peringatan jika jarak antar orang terlalu dekat. Robot DistCap (Topi) dan Masker ini juga bisa sangat membantu tunanetra untuk menjaga jarak. Selain itu juga ada Robot People’s Count, dimana Robot ini akan menghitung jumlah orang dalam suatu ruangan, jika melebihi batas maksimal secara otomatis robot akan memberikan peringatan,” urainya.

Selain itu juga, sambung Khodijah ada Robot Face Detection yang dapat membedakan orang menggunakan dan yang tidak menggunakan masker dengan dilengkapi palang otomatis sebagai gerbang, sehingga robot ini berperan seperti penjaga gerbang yang tidak akan pernah tidur ditambah kebal terhadap Covid-19.

“Saat robot mendeteksi seseorang yang tidak menggunakan masker, palang tersebut akan tetap tertutup. Palang tersebut akan terbuka saat seseorang tersebut telah menggunakan masker dan akan mengeluarkan suara,” paparnya lagi.

Khodijah berharap project ini mampu menjadi bagian dari inovasi program robotic dalam mencegah penyebaran virus Korona. ”Diharapkan dengan project robot tersebut mampu mencegah penyebaran virus korona,” harapnya.

Berikut Robot New Normal yang diciptakan Siswa SMPIT Insan Sejahtera :
• DistCap (Topi Social Distancer)
• Mask The Social Distancer
• Robot Temperature (Scan Thermometer dengan Aplikasi Android)
• Robot face detection yang dapat membedakan orang menggunakan dan yang tidak menggunakan masker
• Robot People’s Count (Penghitung jumlah orang dalam ruangan untuk mencegah Kerumunan)
• Cuci Tangan Otomatis
• Tempat Sabun Otomatis
• Social Distancing Brooch
• Handsanitizer Otomatis
• Water Detection
• Box Disinfektan

(rik)