Pemkab Sumedang Tahun Ini Targetkan Rebut Adipura

oleh -
BERSIHKAN SAMPAH: Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir didampingi Kabid Pengelolaan Persampahan dan Kebersihan ikut mengangkat sampah kayu yang menyumbat aliran air di saluran air Taman Bundaran Binokasih, Jum'at (18/1).

KOTA – Tahun ini Pemerintah Kabupaten Sumedang menargetkan untuk bisa merebut kembali Piala Adipura.
Untuk itu kepada seluruh jajaran SKPD, instansi vertikal, BUMN, BUMD dan semua lapisan masyarakat agar di setiap Jum’at pagi bersih-bersih di lingkungan sekitarnya.

Himbauan ini telah gencar dilakukan sejak Bupati dan Wakil Bupati Sumedang dilantik, demi mewujudkan Sumedang bersih dan mengejar mimpi sebagai ‘Kota Buludru’, bahkan merebut kembali piala Adipura menjadi target pemerintah tahun ini.

Oleh sebab itu sejak Jum’at pagi (18/1), sejumlah masyarakat, RT/RW, beberapa ASN dan tim pasukan kuning Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) tampak sedang melakukan giat bersih-bersih di kawasan Taman Bundaran Binokasih dan sekitarnya.

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir pun langsung turun tangan guna mengetahui jalur saluran air yang mengalir ke arah bundaran, dan pemukiman warga. Sebab akhir-akhir ini, jika hujan deras datang, debit air di saluran air tersebut kerap menimbulkan banjir hingga memakan badan jalan.

Di Kelurahan Talun, Kecamatan Sumesang Utara kegiatan membersihkan lingkungan sudah menjadi tradisi. Warga guyub, bergotong-royong membersihkan lingkungannya. Setiap ada gerakan kebersihan lingkungan, warga turun bersama.

“Jumat pagi ini saya melakukan monitoring jumsih di jalan-jalan kawasan kota bersama Pegawai Pemerintah, dari semua SKPD untuk membersihkan lingkungan bersama masyarakat,” tutur Dony kepada wartawan di sela giat monitoring jumsih di sekitaran Jalan Prabu Geusan Ulun.