Ada Durian Lokal Langka Dilelang Rp 7 Juta di Mall Asia Plaza

oleh -
LANGKA: Dua buah durian jenis Kendil asal Tasikmalaya yang akan dilelang mulai dari Rp 7 juta, kini sedang dipajang di Pusat Perbelanjaan Asia Plaza.

KOTA – Masyarakat Kabupaten Sumedang bakal dibuat heboh dengan kehadiran buah durian yang bernama durian Kendil di pusat perbelanjaan Plaza Asia Sumedang. Alih-alih bukan durian biasa, durian dengan ukuran besar ini akan dilelang mulai dari harga Rp 7 juta .

Harga fantastis itu merupakan yang pertama kali di Sumedang, terlebih dua buah durian yang dipajang di dekat akses masuk supermarket itu merupakan durian dengan kualitas rasa yang sangat baik.

Tak sedikit pengunjung yang juga mengabadikan momen langka itu untuk sekedar memperhatikan ratusan durian yang terpajang secara terpisah sesuai dengan jenisnya.

Salah satu investor durian asal Tasikmalaya dari Aka durian, Asep Mulyaden (33) mengatakan, kehadiran ribuan durian di Asia Plaza merupakan impelementasinya untuk mempromosikan duren lokal.

“Saya bersama rekan saya awalnya memang doyan makan durian, kebetulan kami punya empat pohon durian jenis Kendil yang sangat langka di sekitar Gunung Tanjung Tasikmalaya. Semakin kesini, kami berpikir mengapa tidak buah durian ini dijadikan bisnis dan kerja sama sama petani lokal di kampung saya,” katanya kepada Radar Sumedang di sela giat Pesta Durian Asia, Jum’at (15/2).

Adapun sambung Asep terkait dengan durian unggulan yang dipajang seharga Rp 7 juta itu bukanlah sembarang durian. Lantaran dengan diameter yang besar berwarna kekuning-kuningan, hingga tingkat ketebalan yang mencapai 2 cm dan berat kurang lebih 4-5 kilogram ini menjadikan durian Kendil sangat mahal.

“Jadi perlu diketahui, tekstur dari durian kendil ini sangat halus, berbeda dengan durian yang paling bagus seperti durian montong kebanyakan. Selain itu dari bijinya juga kecil, justru lebih banyak dagingnya serta lebih wangi. Ketika dibelah pun akan terlihat hanya ada dua daging yang besar dan panjang,” paparnya.

Meski bentuknya tidak sebulat durian J-Queen yang sempat viral di Tasikmalaya beberapa waktu lalu, Asep optimis, durian Kendil ini bisa menyaingi durian J-Queen. Terlebih pasca vitalnya durian seharga 14 juta itu ramai diperbincangkan, kini banyak durian J-Queen yang dijual di pasaran.