Ratusan Penumpang Terminal Ciakar Terlantar

oleh -

KOTA – Ratusan penumpang arus balik di Terminal Tipe A Ciakar Sumedang terpaksa harus menunggu bus berjam-jam. Bus tujuan Jakarta dan Bekasi yang akan mengangkut mereka mengalamai keterlambatan.

“Ya busnya terlambat datang, terjebak macet di jalan, terutama yang ke arah Sumedang,” kata Yayan, dari PO Bus Cahaya Bhakti Utama (CBU).
Dikatakan, untuk arus balik kali ini PO CBU sendiri menyiapkan 15 armada bus besar, tujuan Jakarta dan Bekasi.
Salah seorang calon penumpang tujuan Jakarta, Wasiati (50) menuturkan, ia sudah berada di terminal sejak pukul 09.00. Namun hingga pukul 12.00, bus yang akan mengangkutnya belum tiba di terminal.
“Saya dari jam 9 sampe sekarang jam 12 ini, infonya busnya baru sampe Karawang, tiket juga belum dapat,” tuturnya.
Kepala Terminal Ciakar, Atep menjelaskan, penumpukan penumpang terjadi karena bus yang mengarah ke Sumedang terjebak macet di sejumlah daerah.
“Jadi untuk bus yang ke arah Jakarta bus bisa masuk tol, tapi yang ke Sumedang tidak masuk tol, karena diberlakukan sistem one way,” katanya.
Pihaknya tidak bisa memprediksi kapan sistem one way kembali dibuka.
Dikatakan, pihaknya sudah berupaya mengatasi penumpukan penumpang yang terjadi di Terminal Ciakar. Salah satunya dengan mengupayakan armada bus tambahan.
“Baru 2 bus tambahan yang ada, dari PO CBU. Yang lain juga sudah kita kontak, termasuk bus pariwisata, tapi tidak bisa karena beberapa kendala, ada yang armadanya sudah keluar, ada juga yang awak busnya sedang tidak ada,” tuturnya.
Untuk arus balik kali ini, Terminal Ciakar menyiapkan 46 armada bus besar.
Pihaknya juga memprediksi hari ini merupakana puncak arus balik.
Dikatakan, jumlah penumpang arus balik tahun ini naik sekitar 10 persen dibandingkan tahun lalu. (gun)
oleh