Jatigede Jebol Berita Bohong

oleh -
SUMEDANG – Warga Sumedang dihebohkan dengan adanya kabar yang menyebutkan kontruksi Waduk Jatigede jebol. Informasi tersebut beredar di media sosial dan Whatsapp grup baru-baru ini.
Info mengenai Waduk Jatigede jebol yang dibagikan pun disertai foto yang isinya seperti terowongan dan ada air menyembur dari bagian atas.
Kapoksek Jatigede, AKP Dadang Rostia memastikan informasi tersebut tidak benar alias berita hoaks.
“Itu (Bendungan Jatigede jebol) itu bohong. Saya dan anggota sudah mengecek ke TKP, dan itu hoaks,” ujar Dadang, Kamis (1/8/2019).
Dadang membenarkan adanya air yang keluar dari pipa sebuah terowongan. Namun ia memastikan itu bukan terowongan Waduk Jatigede. Melainkan terowongan PLTA Parakankondang.
“Berdasarkan pengecekan kami dan penjelasan karyawan di lapangan, itu Jatigede tahap 2 atau Terowongan PLTA, tepatnya di terowongan 3 STA 900 jalur Parakankondang,” Dadang menjelaskan.
Kejadian air keluar dari pipa pada terowongan itu l, kata dia, terjadi pada Sabtu (27/7/2019).
Ia menjelaskan, air yang keluar berasal dari sumber mata air, yang keluar karena tergali oleh alat saat pengerjaan terowongan.
Ia manambahkan, pascakejadian tersebut air yang mengalir terus berkurang.
“Airnya pun mengalir dan tidak menyebabkan jebol, saat ini sudah mulai berkurang. Jadi info yang bilang Jatigede jebol itu hoaks,” ujarnya.
Oleh sebab itu, pihaknya meminta kepada masyarakat agar tidak perlu kawatir atas info yang beredar di media sosial.
Masyarakat diminta tidak langsung percaya informasi yang tidak jelas sumbernya. (gun)
oleh