Maknai Kemerdekaan, Kang Rinso Ajak Milenial Teladani Para Pahlawan

oleh -
SUMBANG LAGU: Kang Rinso menyumbangkan sebuah lagu ketika menjadi tamu kehormatan di salah satu resto di Sumedang belum lama ini.

KOTA–Momentum peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia harus dimaknai sebagai refleksi atas pengorbanan para pahlawan bangsa ini yang rela berjuang mengusir penjajah dari bumi pertiwi ini. Demikian disampaikan Ketua DPW PKS Jawa Barat Bidang Seni dan Budaya H Ridwan Solichin, S.IP, M.Si dalam rilis yang diterima Radar Sumedang, Sabtu (17/8/2019).

Memaknai kembali perjuangan para pahlawan bangsa ini, lanjut pria yang bakal duduk di DPRD Provinsi Jawa Barat ini tentu saja di alam generasi milenial tidak hanya dengan kegiatan seremonial semata. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nasionalisme dan patriotisme bagi para milenial yang memang terpaut jauh dari alam revolusi (perang kemerdekaan, red).

Pasalnya, menurut politisi asal PKS ini saat ini muncul sejumlah kekhawatiran akan semakin lunturnya nasionalisme dan patriotisme dari generasi milenial. “Banyak kalangan menyebutkan kekhawatiran itu muncul lantaran generasi milenial sudah sangat terpaut jauh dari generasi yang masih bersentuhan dengan generasi perang kemerdekaan. Sebagian besar milenial tidak mengenal sejarah perjuangan kemerdekaan dari orang-orang sekitarnya seperti dari kakek dan nenek karena memang sudah beda generasi,” jelas Ridwan.

Sosok yang familiar disapa Kang Rinso ini memberikan beberapa alternatif agar milenial memiliki nasionalisme dan patriotisme. “Generasi milenial tentu saja tidak cukup dengan dijejali dengan belajar sejarah perjuangan pahlawan hanya dengan membaca buku saja untuk membangkitkan nasionalisme. Mereka perlu diberikan penanaman nasionalisme lewat penguatan seni dan budaya, bisa terlibat dalam pentas sosiodrama perang kemerdekaan, bisa juga dengan drama musikal atau bahkan milenial dilibatkan dalam membuat film dokumenter sejarah kemerdekaan bangsa ini,” urai Rinso.