Maknai Kemerdekaan, Kang Rinso Ajak Milenial Teladani Para Pahlawan

oleh -
SUMBANG LAGU: Kang Rinso menyumbangkan sebuah lagu ketika menjadi tamu kehormatan di salah satu resto di Sumedang belum lama ini.

Kembali Kang Rinso menegaskan bahwa tantangan generasi milenial saat ini adalah kekhawatiran hilangnya identitas budaya asli sendiri karena derasnya pengaruh budaya dari luar. “Ini juga harus menjadi renungan bersama semakin kesini semakin besar pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dan norma budaya Indonesia. Celakanya, tak sedikit yang tak menyadari jika hal itu bisa jadi campur tangan asing untuk melemahkan nasionalisme dan patriotisme generasi mendatang agar kita mau diatur mereka,” tandasnya lagi.

Bertepatan dengan momentum HUT RI yang ke-74 sekarang ini, Kang Rinso kembali mengajak semua pihak untuk sadar bahwa di era perubahan zaman menuju era disrupsi sekarang ini tantangan akan lunturnya nasionalisme dan patriotisme semakin besar.

“Salah satu solusinya adalah pewarisan budaya asli Indonesia harus terus dilakukan agar generasi penerus bangsa para milenial ini memiliki nasionalisme yang sama seperti para patriot bangsa yang mempertahankan negara dari tangan penjajah,” tandasnya.

Meskipun begitu, vokalis grup nasyid Shotul Harokah (Sohar) ini juga terus mendorong agar generasi milenial memiliki idola pahlawannya. “Tidak mesti pahlawan-pahlawan di masa lalu, tetapi sekarang banyak pahlawan-pahlawan muda yang memberikan kontribusi untuk mengharumkan bangsa dari berbagai bidang,” pesannya.

Dengan menginspirasi para pahlawan itu, Kang Rinso optimis cita-cita pahlawan pendiri bangsa yang ingin menjadikan bangsa merdeka, sejahtera adil makmur dan berdaultan serta menjadi negara yang diperhitungkan oleh bangsa lain di dunia bakal terwujud.

“Merdeka itu bukan cuma bisa lepas dari penjajah, tapi bagaimana bangsa ini mampu mewujudkan cita-cita para pejuang yang sudah membebaskan bangsa ini dari penjajah. Allahuakbar!! Merdeka!!! ,” pungkasnya.(*/rik)