Kemenpar Soroti SDM Kawasan Jatigede

oleh -
SUMEDANG – Kementrian Pariwisata kembali menggelar Focus Group Discussion pengembangan wisata Waduk Jatigede, di Aula Tampomas, IPP, Kamis (29/8/2019).
FGD kali ini mengenai paparan desain strategi dan rencana aksi pengembangan desa wisata di kawasan Waduk Jatigede.
Kabid Destinasi Area II Jabar dan Jateng yang mewakili Asdep Pengembangan Destinasi Regional II, pada Deputi Bidang Kementerian Pariwisata, Burhanudin mengatakan, FGD ini yang ketiga kalinya digelar. Sebelumnya, ditingkat desa dan kecamatan, digelar di Desa Cijeungjing Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang.
“Jadi kesimpulan dari FGD ini kita dapat mengambil langkah-langkah yang nanti dilakukan kedepan, baik di tingkat pusat, pemerintah provinsi, kabupaten hingga desa,” karanya.
Dikatakan, tindak lanjut dari FGD ini diantaranya akan melakukan DSRA (Desain Strategi Rencana Aksi).
“Aksi yang dilakukan nanti sesuai porsi masing-masing, seperti kami dari pemerintah pusat melakukan 3A (amnesti, atraksi dan aksibilitas) untuk destinasi wisata,” ujarnya.
Dari tiga kali FGD yang digelar, sambung Burhan, dapat disimpulkan diantaranya SDM masyarakat kawasan Jatigede harus dikembangkan. Dari yang awalnya berpola pikir bertani menjadi wisata.
Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Sumedang, Agus Wahyudin mengatakan sudah ada pembinaan kepada masyarakat kawasan Jatigede, agar beralih ke pariwisata.
“Untuk pariwisata tentunya akan ada proses lebih lama agar bisa terasa hasilnya oleh masyarakat. Berbeda dengan pertanian yang 2-3 bulan langsung terasa,” ujarnya. (gun)
oleh