Siswa SD Green School Sumedang Beguru Jadi ‘Jurnalis Cilik’ ke Radar Sumedang

oleh -
MENGENAL SURAT KABAR: Para siswa peserta outing SD Green School Sumedang diberikan pengenalan tentang persuratkabaran di Kantor Radar Sumedang, Selasa (17/9/2019).

SUMEDANG–Sebanyak 15 orang siswa SD Green School Sumedang menggelar kegiatan kunjungan ke Kantor Radar Sumedang di Jalan Kebon Kol 36 Kelurahan Kota Kaler Sumedang Selatan, Selasa (17/9/2019).

Guru pendamping yang juga Wali Kelas 5 SD Green School Sumedang Susanti mengatakan kegiatan kunjungan ke media tersebut bagian dari kegiatan pembelajaran langsung tentang media informasi.

“Sengaja kami menggelar kegiatan kunjungan ini bagian dari pembelajaran langsung kesini (Radar Sumedang, red) dengan mengajak siswa untuk mengetahui bagaimana proses pembuata sebuah surat kabar dari peliputan sampai surat kabar itu terbit,” kata Miss Susanti, sapaannya di sela-sela kunjungan.

Susanti menjelaskan pentingnya kegiatan pembelajaran langsung agar siswa bisa belajar dari role model yang mereka kehendaki.

“Kebetulan dalam kegiatan pembelajaran semester ini ada materi tentang media infomasi jadi kami memilih role modelnya kantor media yang ada di Sumedang. Sehingga mereka bisa langsung memahami materi ini dari pihak media atau surat kabar bagaimana proses reportase, editing sampai cetak dan diedarkan,” katanya lagi.

Sementara itu, rombongan siswa diterima oleh Koordinator Bisnis dan Kerjasama Erik A Kurnia mewakili Manager Radar Sumedang Cecep WP.

Dalam suasana santai para siswa diberikan pengenalan tentang persuratkabaran. Selain diisi tanya jawab tentang proses pembuatan surat kabar juga diisi dengan workhsop singkat menulis berita.

Dari hasil penulisan dilanjutkan evaluasi bersama guru pembimbing dengan carar bergiliran membacakan berita singkat yang telah dibuat. “Alhamdulillah sebagian besar sudah mulai bisa mengetahui bagaimana membuat sebuah berita, semoga Radar Sumedang semakin berkembang,” ungkap Susanti.(rik)