Ketua IGRA: Membangun Generasi Qurani dan Berkarakter Islami Sejak Dini

oleh -
Ketua PD IGRA Kabupaten Sumedang Nanin Apriani, S.Pd.I, M.Pd.I melepas peserta peragaan manasik haji di halaman Kantor Kemenag Sumedang, Sabtu (28/9/2019)

Anak-anak RA mengikuti peragaan manasik haji sai di replika bukit Marwah
Anak-anak RA mengikuti peragaan manasik haji sai di replika bukit Safa Marwah

Anak-anak RA mengikuti peragaan manasik haji tawaf di dekat replika Kabah

Kepala Kankemenag Sumedang melepas balon ke udara sebagai tanda dibukanya peragaan manasik haji tingkat RA
SUMEDANG—Sebanyak 4000 anak Raudhatul Athfal (RA) mengikuti kegiatan peragaan manasik haji session pertama yang digelar di Kompleks Pusda’i/Asrama Haji Kabupaten Sumedang, Sabtu (28/9/2019).

Ketua PD Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Sumedang Nanin Apriani, S.Pd.I, M.Pd.I menyebutkan kegiatan peragaan manasik haji tersebut merupakan program rutin IGRA yang selalu digelar setiap tahunnya.

“Sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya menggelar peragaan manasik haji. Tujuannya untuk memperkenalkan salah satu Rukun Islam yakni melaksanakan ibadah haji sejak dini sehingga anak dan orang tua termotivasi untuk melaksanakannya,” ujar Umi Nanin, sapaannya di sela-sela peragaan manasik haji.

Umi Nanin menjelaskan dalam peragaan manasik haji itu anak-anak yang didampingi masing-masing orangtua layaknya manasik haji sebenarnya dengan melaksanakan tahapan-tahapan ibadah haji. Mulai dari pelaksanaan mikot, tawaf, sa’I (lari-lari kecil antara Safa dan Marwah) hingga meminum air zam-zam.

“Selain memperkenalkan ibadah haji sejak dini kepada anak-anak juga manasik haji ini juga bertujuan untuk membangun generasi qurani yang mandiri serta berkarakter islami,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang H Hasen, S.Ag., M.Si turut mengapresiasi kegiatan peragaan manasik haji tingkat RA itu.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan peragaan manasik haji ini yang merupakan salah satu kegiatan positif untuk pengembangan anak,” ujar Hasen mengawali sambutannya dalam acara pembukaan di halaman Kantor Kemenag Sumedang.

Diharapkan pula, lanjut Hasen, bagi para orang tua anak RA yang ikut mendampingi bisa termotivasi untuk segera menunaikan Rukun Islam kelima itu. “Bagi para orang tua yang belum diharapkan bisa menjadi motivasi untuk segera melaksanakan Rukun Islam yang kelima ini,” tandasnya.

Dalam pembukaan peragaan manasik haji selain dihadiri Kepala Kantor Kemenag Sumedang dan Ketua IGRA Sumedang juga tampak hadir Kasubbag TU, Kasi Penmad, Ketua Pokjawas Madrasah, Pengawas Pembina, Ketua IGTK serta undangan lainnya. Sebelum peragaan manasik haji dimulai dalam pembukaan dilakukan simbolis penyematan tanda peserta dan pelepasan balon bertuliskan IGRA ke udara.

Sementara itu, IGRA Kabupaten Sumedang juga akan menggelar acara serupa yakni peragaan manasik haji RA session kedua di Lapangan Brimob Jatinangor yang diikuti sekitar 2000 anak RA (wilayah Jatinangor dan sekitarnya) minggu depan.(*/rik/adv)