Tukang Palak Sopir Truk Di Jalan Parakanmuncang Diamankan Polisi

oleh -
SUMEDANG – Polres Sumedang mengamankan tiga orang pria yang diduga kerap melakukan pemalakan kepada sopir angkutan barang, di jalan raya Parakanmuncang Kecamatan Cimanggung.
Para pelaku bernama Hendri alias Cien (38) warga Parakanmuncang, dan Aulia Artha warga Baleendah Kabupaten Bandung. Serta salah seorang sopir.
Kasat Serse Polres Sumedang, AKP Niki Ramdhany menuturkan, ketiga orang tersebut diamankan setelah pihaknya membaca keluhan dari masyarakat melalui media sosial facebook, terkait adanya aksi pemalakan di jalan raya Parakanmuncang.
“Mereka ini melakukan pemalakan khususnya kepada sopir truk dengan cara memepet kendaraan korban. Setelah itu dengan modus menawarkan jasa untuk menjadi anggota salah satu ormas dengan membayar Rp. 600.000 setahun,” ujarnya, Selasa (1/10/2019).
Jika sopir menolak, Hendri dan Aulia meminta ‘uang rokok’ kepada sopir dengan nada mengancam.
“Mereka menjanjikan jika jadi anggota diberi pelayanan seperti bantuan jika pecah ban, bahkan bantuan jika ditilang polisi,” ucapnya.
Dari tangan Hendri dan Aulia polisi mengamankan sejumlah barang bukti, berupa buku catatan sopir yang telah memberikan uang pada keduanya.
Dikatakan, polisi saat ini belum melakukan penahanan pada Hendri dan Aulia. Mereka hanya dikenakan wajib lapor.
“Karena belum ada masyarakat yang melukan laporan resmi, dan saat diamankan kita tidak temukan barang bukti uang tunai,” ucapnya.
Meski demikian, Ia mengimbau kepada masyarakat yang merasa dirugikan akibat ulah Hendri dan Aulia agar segera melakukan laporan resmi.
“Kami belum bisa memastikan ini praktek pungli (pungutan liar) atau bukan, ada unsur pidana atau tidak. Kasusnya masih dalam penyelidikan,” ujar Kiki. (gun)
oleh