Sebanyak 163 Kamad se-Kabupaten Sumedang Ikuti Kursus Orientasi Mabigus

oleh -
ARAHAN KANKEMENAG: Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sumedang H Hasen memberikan arahannya dalam sambutan pembukaan kursus orientasi mabigus di hadapan 163 kepala madrasah yang menjadi peserta orientasi, Rabu (2/5/2019).

SUMEDANG – Seluruh kepala madrasah ibtidaiyah (MI), madrasah tsanawiyah (MTs) dan madrasah aliyah (MA) se-Kabupaten Sumedang mengikuti Kursus Orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) di Aula Sarana Penunjang Pendidikan Kemenag Sumedang, Rabu (2/10/2019).

Acara yang digelar oleh DPD PGMI Kabupaten Sumedang bekerjasama dengan Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang ini secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan.

Ketua Pelaksana Kursus Orientasi Magibus H Urip menyebutkan sebanyak 163 orang peserta mengikuti acara tersebut. “Seluruhnya berjumlah 163 terdiri dari Mabi MI 62 orang, Mabi MTs 78 orang dan Mabi MA 23 orang,” sebut H Urip.

Kegiatan orientasi itu lanjut H Urip akan berlangsung satu hari penuh dengan penyampaian materi yaitu pemaparan ekstra kurikuler wajib dan pendidikan kepramukaan pada satuan pendidikan dasar dan menengah.

Adapun tujuan digelarnya kursus orientasi Mabigus tersebut untuk memberikan pemahaman dan penghayatan terhadap undang-undang kepramukaan dan AD/ART gerakan pramuka kepada para peserta.

“Dengan harapan kedepannya para kepala madrasah se-Kabupaten Sumedang bisa meningkatkan peran sertanya dalam mengaktifkan kegiatan kepramukaan di madrasah-madrasah atau di gugus depan masing-masing,” jelas H Urip.

Adapun hasil realisasi atau tindak lanjut dari orientasi ini, sambung H Urip pada Desember mendatang dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti ke-75 Kemenag, akan digelar Kemah Terpadu Kementerian Agama se-Kabupaten Sumedang.

Sementara itu dalam Upacara Pembukaan tampak hadir Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sumedang H. Hasen, Sekretaris Pusdiklatda Jawa Barat DR.Lena B Nuryanti, Ketua PGMI Kab.Sumedang H. Ma’mun Khoer, serta Dedi Charis dari Kawarcab Gerakan Pramuka Sumedang.(*/rik)