Warga Cipancar Giatkan Salat Istisqo agar Segera Turun Hujan

oleh -
Ratusan warga Cipancar kembali menggelar salat istisqo, Jumat (4/10/2019)

SUMSEL-Untuk kedua kalinya ratusan warga Desa Cipancar Kecamatan Sumedang Selatan kembali menggelar Salat Istisqo atau salat meminta turun hujan di Lapangan Sepakbola Sagaramanik, Jum’at (4/10/2019) sekitar pukul 14.00.

Ketua panitia pelaksanaan Salat Istisqo yang juga Ketua LPMD bidang Kerohanian Desa Cipancar Ustadz Yodi mengatakan kembali digelarnya salat meminta hujan tersebut atas dorongan dari warga agar merutinkan Salat Istisqo.

“Bukan karena belum turun hujan juga sampai sekarang, tetapi kami semakin yakin setelah pelaksanaan salat istisqo minggu kemarin tanda-tanda akan turun hujan semakin dekat,” kata Ustadz Yodi.

Sementara itu salah seorang tokoh masyarakat Cipancar Is Suherlan atau kerap disapa Apih Isa mengatakan pelaksanaan Salat Istisqo ini sebagai bentuk ikhtiar masyarakat Cipancar yang berharap segera turun hujan.

“Bagi umat Islam diperintahkan untuk senantiasa yakin dan berusaha maksimal termasuk dengan memunajatkan doa dalam salat meminta hujan ini. Setelah itu kita harus pasrah, kita serahkan segalanya kepada Alloh SWT,” terang Apih Isa.

Dalam pelaksanaan Salat Istisqo tersebut bertindak sebagai imam Ustadz Yuyud, sementara bertindak sebagai khotib Ustadz Azis. Turut hadir juga sejumlah aparat desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Seperti diberitakan sebelumnya, banyak warga Desa Cipancar yang mengalami kesulitan karena kemarau panjang. Terutama mereka yang bekerja di ladang dan kebun banyak lahan yang terbengkalai tidak bisa ditanami. Begitu juga dengan para peternak sulit mencari rumput sebagai pakan.(rik)