Polres Sumedang Kirim Water Cannon Bantu Warga Kekeringan

oleh -

SUMEDANG – Warga Lingkungan Cipadung RT 01 RW 06 Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara mendapat bantuan air bersih dari Polres Sumedang, Sabtu (19/10/2019).

Uniknya, ari bersih dikirim menggunakan mobil armoured water cannon (AWC).
“Bantuan air bersih ini merupakan kegiatan bhakti sosial rutin kepada masyarakat,” kata Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo melalui KBO Sat Binmas Polres Sumedang Iptu Nuroni.
Dalam aksinya ini, pihak polres melibatkan unsur mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di UNSAP (Universitas Sebelas April) Sumedang.
Ia menjelaskan, mobil AWC digunakan untuk merubah pandangan masyarakat, yang menilai mobil tersebut hanya difungsikan untuk membubarkan masa.
“Kita ingin mengubah pandangan masyarakat, bahwa mobil AWC ini bukan hanya digunakan untuk membubarkan masa saja, tapi bisa juga difungsikan untuk kegiatan sosial. Seperti sekarang digunakan untuk mengedrop air bersih untuk masyarakat yang dilanda kekeringan,” ucapnya.
Disebutkan, air bersih yang disalurkan di lokasi tersebut sebanyak 6.500 liter. Rencananya, kegiatan serupa akan digelar di lokasi lain yang dilanda kekeringan
“Karena kapasitas angkut untuk satu mobil AWC ini 6.500 liter,” ucapnya.
Pantauan, puluhan warga Cipadung berbondong-bondong mengantri pembagian air bersih. Warga membawa alat penampung air seperti ember, hingga galon.
“Di sini sudah 4 bulan lebih warga kesulitan air bersih,” kata Entis Sutisna (45) warga Cipadung.
Untuk memenuhi kebutuhan air bersih selama musim kemarau, warga biasanya mencari keluar lingkungan, atau membeli air isi ulang.
Warga pun bersyukur mendapat bantuan air bersih tersebut.
“Selama (kemarau) ini air bersih ya susah, ada air di sumur tapi sedikit, airnya juga kotor. Jadi, terima kasih untuk kapolres,” ucapnya. (gun)
oleh