BPJS Sumedang Bahas Uji Coba Sistem Pembayaran Global Budget

oleh -

Sumedang- BPJS Kesehatan Cabang Sumedang melaksanakan pertemuan terkait sistem global budget,belum lama ini. Wilayah Sumedang sendiri ditunjuk sebagai ujicoba sistem pembayaran global budget sebagai tindak lanjut dari pertemuan dan workshop pada Mei 2019.

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Barat Siswandi mengatakan, global budget merupakan salah satu sistem pembayaran rumah sakit berdasarkan pada anggaran atau sejumlah besaran biaya, hasil negosiasi dan disepakati oleh kedua belah pihak untuk jangka waktu tertentu. Jika dilaksanakan dengan optimal, global budget dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan.
“Kami sangat bersyukur karena di wilayah Jawa Barat ini Kantor Cabang Sumedang menjadi salah satu kantor cabang yang dijadikan uji coba untuk sistem pembayaran global budget, tentunya program ini harus mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Kabupaten Sumedang dan juga rumah sakit agar dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” ujarnya dalam kegiatan tersebut.

Hadir sebagai narasumber dalam pertemuan terkait global budget, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dr Atik Nurwahyuni yang menjelaskan bahwa konsep awal dari sistem pembayaran global budget berawal dari Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun. Dengan metode global budget, cara pembayaran klaim ke rumah sakit akan berdasar kepada anggaran yang dihitung secara keseluruhan.
“Proses administrasinya pun terbilang mudah sehingga dapat meningkatkan kemampuan rumah sakit untuk membuat keputusan yang rasional dalam memaksimalkan sumber daya yang tersedia. Selain itu, ada semacam fleksibilitas bagi rumah sakit untuk melakukan realokasi biaya pelayanan kesehatan sesuai dengan prioritas kebutuhannya. BPJS Kesehatan dapat mengembangkan sistem pembayaran di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang lebih berhasil guna dengan tetap mengacu pada Indonesian Case Based Groups,” ujar Atik.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan Forum Grup Diskusi (FGD) untuk pembahasan lebih detail perhitungan global budget dengan rumah sakit yang ada di wilayah Kabupaten Sumedang yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang, Rumah Sakit Harapan Keluarga dan Rumah Sakit Pakuwon. (Isl/rls)