MCS Hadir Permudah Layanan JKN KIS di Sumedang

oleh -

Sumedang – Dalam rangka memberikan kemudahan kepada peserta untuk mengakses pelayanan administrasi dan mendapatkan infomasi secara menyeluruh tentang Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Sumedang menghadirkan Mobile Costumer Service(MCI) di wilayah Cimanggung, Selasa (29/10).

Kegiatan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Sumedang ini dilakukan sebagai langkah inovatif untuk memberian kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses layann admnistrasi kepesertaan JKN-KIS.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sumedang Dwi Erdiana mengungkapkan bahwa kegiatan MCS ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan untuk memberikan wadah kepada peserta dalam memperoleh informasi secara menyeluruh. Ia juga menambahkan bahwa MCI ini merupakan sebagai salah satu bentuk pelayanan prima dari BPJS Kesehatan yang ditujukan kepada peserta yang kesulitan untuk mengakses pelayanan administrasi yang dikarenakan lokasi tempat tinggal yang berjauhan dengan kantor cabang.
“Kegiatan MCS ini rutin kami lakukan setiap dua kali dalam seminggu yaitu di hari Selasa dan Rabu, dengan lokasi berpindah-pindah untuk menyasar peserta yang tidak sempat datang ke kantor untuk mengurus kepesertaannya maupun untuk mendapatkan informasi Program JKN-KIS. Oleh karena itu, setiap minggunya petugas kami mendatangi tempat-tempat yang biasanya banyak orang berkumpul seperti puskesmas, kecamatan, kelurahan maupun kantor-kantor dinas yang ada di Wilayah Kabupaten Sumedang,” jelas Dwi.

Adanya kegiatan “jemput bola” dari BPJS Kesehatan ini mendapat banyak antusias dari seluruh masyarakat. Hal tersebut terbukti dari banyaknya masyarakat yang hadir dan mendatangi mobil layanan yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan. Tercatat, sebanyak 256 KK yang memanfaatkan pelayanan tersebut di wilayah Cimanggung.

Hal ini disampaikan salah satu warga bernama Maman yang hadir dalam kegiatan MCS untuk melakukan perbaikan data kepesertaan. Ia sangat terbantu dengan adanya kegiatan MCS karena jarak dari rumah ke kantor BPJS Kesehatan sangat jauh sehingga lebih memudahkan beliau untuk mengakses pelayanan administrasi kepesertaan.
“Saya pikir dulu kalau mau perbaikan data harus selalu datang ke kantor BPJS Kesehatan, padahal lumayan jauh dari rumah saya sehingga agak malas. Tapi dengan adanya kegiatan ini, saya jadi tahu informasi tentang BPJS Kesehatan, cara penggunaannya. Selain itu, saya jadi tidak perlu jauh-jauh ke sumedang kota dan mengeluarkan banyak ongkos untuk mengurus administrasi kepesertaan saya. Kalau ada kelengkapan administrasi yang saya lupa bawapun jadi tidak terlalu jauh bolak-baliknya. Saya benar-benar terbantu dengan kegiatan ini,” tutur Maman.(isl/rls)