Catat, Mobil Si Moyan bakalan nongkrong di Pasar dan Desa-desa di Sumedang

oleh -

Sumedang – Terhitung mulai awal bulan Desember 2019 ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang kembali mengaktifkan layanan administrasi kependudukan (Adminduk) keliling secara mobile dengan mobil Si Moyan Adminduk.

Dikonfirmasi, Kepala Disdukcapil Kab. Sumedang, Ahmad Kusnadi mengatakan, upaya ini sengaja kembali dilakukan untuk mengurangi antrean yang membludak di Mal Pelayanan Publik (MPP). Mengingat per harinya antrean di MPP mencapai 300 antrian.

“Alhamdulilah awal bulan ini kami mengaktifkan layanan pembuatan Adminduk keliling dengan menggunakan mobul yang dinamakan Si Moyan Adminduk. Jadi nama ini adalah singkatan dari ‘Sistem mobile pelayanan administrasi kependudukan’,” ujarnya kepada Radar Sumedang di pelataran parkir Pasar Sandang Sumedang, Selasa (3/12).

Kata dia, bentuk pelayanan Adminduk di mobil Si Moyan ini diantaranya untuk melayani pembuatan KK, KTP-el/Suket, Akta Kelahiran serta perekaman KTP-el.

Adapun untuk penjadwalannya, lanjut dia, akan dilaksanakan secara berkala di beberapa titik. Terlebih untuk sementara pihaknya akan fokus di akhir tahun ini, khusus untuk wilayah kota sebagai percontohan.

“Jadi khusus untuk layanan di Pasar Sandang ini kan pertimbangannya salah satu titik keramaian dan pusat kegiatan ekonomi di Kota Sumedang. Oleh sebab itu kami jadwalkan secara berkala setiap hari Senin dan Selasa, mulai jam 08.00 wib sampai jam 13.00 wib,” terangnya seraya berkata upaya merupakan bentuk efisiensi anggaran dan mengurangi beban antrian di MPP.

Kendati demikian, dirinya menegaskan kedepan di tahun 2020, pihaknya akan menjadwalkan kembali pelayanan jemput bola keliling ke tiap-tiap kecamatan sebagaimana yang sudah berjalan saat ini.

“Jadi untuk tahun depan itu selain hari Senin dan selasa, ada penjadwalan lainnya yang akan mobile ke titik-titik di Kecamatan maupun ke Desa. Karena untuk hari rabu dan kamis, kita jadwalkan di 7 kantor kelurahan, dan masing-masing secara bergiliran, cipameungpeuk (4-5 Desember 2019), Regol Wetan, Kota Kulon, Pasanggarahan Baru, Situ, Talun dan Kota Kaler,” terangnya didampingi Kabid PIAK, Agus Beni Triyadi.

Lebih lanjut, sambung pria yang pernah menjabat Sekretaris DPRD Kab. Sumedang ini, khusus untuk kedepannya, Disdukcapil telah sepakat dengan pihak pengelola pasar semi modern sumedang, bahwa akan dibuka gerai pelayanan adminduk di lantai 3 pasar.

“Tentu ini diharapkan selain mendekatkan pelayanan adminduk, juga dalam rangka menggairahkan pasar biar lebih banyak pengunjungnya,” tandasnya.(jim)

oleh