Olahan Sawo Sukatali Masuk 25 Terbaik se Jabar.

oleh -
Pembina Kelompok Osasuka Zulfikar (kiri) saat menerima plakat penghargaan terbaik produk unggulan Jawa Barat yang diberikan oleh perwakilan dari Kadin Jabar.

SITURAJA – Kelompok olahan sawo Sukatali yang terhimpun dalam wadah kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Osasuka berhasil meraih penghargaan Prestisius dengan mendapat penghargaan 25 Kurasi terbaik produk unggulan Jawa Barat.

Penghargaan tersebut diperoleh dalam ajang Kadin Select 2019 yang di selenggarakan Kadin Jabar dan Pemprov Jabar.

Program Kurasi produk unggulan Jawa Barat digelar dari tanggal 28 November hingga 15 Desember 2019 dengan target seluruh kota di Jawa Barat mengirimkan masing-masing produk unggulan yang dimiliki dengan juri-juri ahli dibidangnya serta memiliki latar belakang professional, praktisi & akademisi.

“Alhamdulillah, dari ribuan peserta yang terakurasi hanya 144 peserta dan dipilih lagi menjadi 25 peserta kurasi terbaik termasuk
Osasuka masuk dan terpanggil didalamnya,” ucap pembina kelompok Osasuka Zulfikar yang mewakili di Kadin Jabar Select 2019 ini.

Zulfikar menyebutkan awal mula mengikuti ajang tersebut saat menerima informasi dikalangan wirausahawan muda terkait link kadin select Jabar 2019.

“Saya mencoba untuk ikut, serta menggali potensi produk yang kami miliki, untuk di ikutsertakan dalam program ini, dengan memasukan data-data, gambar, produk, persentasi dan company profil.  Hasilnya alhamdulillah jadi 25 peserta terbaik se Jabar,” ucapnya.

Menurutnya, dari 25 peserta terbaik tersebut diprioritaskan untuk mengikuti business matching bersama Kadin Jabar dan Pemprov Jabar untuk memasarkan produk lebih luas baik keseluruh Indonesia maupun luar Negeri.

“Dan pada kemarin atau senin (23/12) menerima pelatihan Ekspor pemula digedung Kadin Jabar lantai 6 Jalan Sukabumi Batununggal Bandung,” tambahnya.

Ia menyebutkan, Kelompok Osasuka yang beralamat di Desa Sukatali RT 03 /01 Kecamatan Situraja biasa mengolah sawo menjadi, mulai dari keripik sawo, kerupuk sawo, dodol sawo, wajit sawo, selai sawo, dan bolu sawo dan sudah berjalan selama 2 tahun.

Kadin Jabar Select 2019 merupakan Program yang digagas oleh Kadin Provinsi Jawa Barat dalam rangka mengkurasi perusahaan di Provinsi Jawa Barat yang memiliki produk unggulan dan dipersiapkan untuk dapat mengejar pasar Internasional. (tha).