Layanan Autodebet Permudah Bayar Iuran BPJS Kesehatan

oleh -

SUMEDANG – Hadirnya BPJS Kesehatan yang memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, peran pemerintah dalam menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasionl – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah terbukti dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Hal tersebut sangat terlihat karena masyarakat telah mendapatkan kemudahan mengakses pelayanan kesehatan di seluruh failitas kesehatan. Program JKN-KIS juga telah menjangkau semua lapisan masyarakat untuk turut serta pada program ini.

Hal tersebut juga dirasakan oleh Endang (53) bertempat tinggal di Jalan Pagerbetis, Sumedang Selatan.

Mas Endang begitu panggilan akrabnya, merupakan Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU). Dengan nada bahagia, dirinya tek henti-hentinya mengucap syukur dan berterima kasih kepada program JKN-KIS. Setelah ditanya lebih jauh, begitu banyak manfaat yang telah ia rasakan bersama keluarga dengan memanfaatkan kartu JKN-KIS.

“Saya bersama keluarga telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS kelas 1. Menurut saya masalah iuran bulanan yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan, masih sangat terjangkau dan menurut saya, itu masih masih tidak sebanding dengan manfaat yang diberikan dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS. Yang terpenting adalah niatkan shodakoh bergotong royong dengan yang lain,” ungkap Endang saat ditemui di tokonya, Jalan Pagerbetis, Sumedang Selatan, Kab. Sumedang.

Endang sendiri sering mendapatkan pelayanan yang baik, cepat dan ramah di faskes tempat ia terdaftar, apalagi di dalam situasi wabah Virus Corona dari petugas BPJS Kesehatan. Ia juga sangat bersyukur sekarang pembayaran tidak perlu keluar rumah karena sudah dipotong langsung (autodebet) oleh bank yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Ini bukan sebuah rahasia, jadi saya ingin memberitahukan kepada orang banyak tentang rasa bahagia yang senantiasa saya rasakan bersama keluarga, semuanya begitu lengkap dengan hadirnya program JKN-KIS. Sebab, begitu banyak manfaat yang kami sekeluarga rasakan dari program mulia ini. Mungkin saya tidak dapat tersenyum seperti ini jika tidak ada program ini,” ungkapnya dengan penuh syukur.

Endang, berterima kasih kepada BPJS Kesehatan dan ia berharap kedepannya BPJS Kesehatan dapat lebih baik lagi untuk masalah pelayanan terhadap peserta. Tidak hanya itu, ia juga merasa puas selama menjadi peserta Program JKN-KIS.

Di akhir pertemuan, Endang berharap dengan terusnya disosialisasikan tentang pentingnya memiliki jaminan kesehatan seperti Program JKN-KIS yang bersifat sosial, masyarakat akan berubah pemahaman dan prioritasnya terhadap jaminan kesehatan sehingga perlu dan wajib memiliki jaminan kesehatan. (rls/isl)