Urus Kepesertaan BPJS Kesehatan Lebih Mudah Dengan Mobile JKN

oleh -

KOTA – Merebaknya virus corona atau covid-19 bukan berarti mematikan akses masyarakat untuk mengakses pelayanan kepesertaan Program JKN-KIS. Bagi masyarakat yang ingin mengakses pelayanan kepesertaan JKN-KIS, kini dapat memanfaatkan layanan digital dengan mengakses aplikasi Mobile JKN.

Seperti yang di alami oleh Yevi Rahmat Hidayat yang ingin mengurus kepesertaan anaknya dalam Program JKN-KIS.

Yevi yang tinggal di Jalan Pangeran Kornel No. 234 Kelurahan Pasanggrahan Baru Kec. Sumedang Selatan ini sempat ragu untuk mengakses pelayanan kepesertaan JKN-KIS, karena takut terjangkit virus corona. Namun, karena khawatir karena kepesertaan anaknya masih belum aktif, akhirnya ia memberanikan diri untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Sumedang.

“Sekarang, banyak masyarakat yang lebih memilih untuk di rumah agar tidak terpapar virus corona. Namun, karena status kepesertaan JKN-KIS anak keempat saya masih belum aktif, mau tidak mau saya harus datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan untuk mengurus kepesertaan tersebut,” kata Yevi.

Setelah menanyakan ke bagian informasi, ternyata benar bahwa anak ke empat Yevi tidak ditanggung terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Setelah Yevi bertanya terkait kepesertaan anaknya, ia langsung diinformasikan bahwa ia tidak harus mengantre panjang untuk mengurus kepesertaan anaknya. ia mengaku diberitahu bahwa ada cara yang lebih mudah untuk mendaftarkan anaknya menjadi peserta JKN-KIS.

“Setelah mendapat penjelasan dari petugas BPJS Kesehatan, ternyata kita bisa mendaftarkan program JKN-KIS lewat aplikasi Mobile JKN. Hanya dengan mendownload aplikasi Mobile JKN, kita bisa langsung daftar termasuk ntinya bisa menggunakan kartu JKN-KIS versi digitalnya,” tambah guru SMP 9 Sumedang itu.

Yevi menambahkan, dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN, semua terlihat sangat mudah. Apalagi, dengan banyak fitur layanan yang terdapat dalam aplikasi tersebut, ia merasa semua kebutuhan peserta JKN-KIS dapat terakomodir dengan baik. Kini, ia merasa sudah tidak perlu datang ke kantor Cabang BPJS Kesehatan atau merasa bingung karena kurang update informasi, karena dengan aplikasi Mobile JKN, ia sudah dapat mengakses apapun yang ia butuhkan.

“Waduh ternyata simple banget, hanya mendownload Mobile JKN bisa lihat kartu JKN-KIS saya melalui handphone, jadinya lebih praktis karena kita kan kemana-mana selalu bawa hp, jadi kalaupun kartunya lupa gak kebawa atau lupa nyimpan tinggal lihatin ini ya kalau mau berobat,” pungkas Yevi setelah menggunakan aplikasi Mobile JKN.

Selain fitur KIS Digital ternyata ada fitur-fitur lainnya yang bermanfaat, seperti fitur ketersediaan tempat tidur di tumah sakit, fitur obat yang ditanggung, premi iuran, perubahan data dan masih banyak fitur-fitur lainnya yang memanjakan peserta JKN-KIS yang tidak perlu lagi ngurusin dengan datang kekantor BPJS Kesehatan cukup dengan Mobile JKN. (Rls).