Pemudik Terus Mengalir

oleh -
Pemeriksaan kendaraan minibus pembawa pemudik

SUMEDANG-Arus Pemudik ke wilayah Sumedang hingga hari H Iedul Firi terus mengalir. Berdasarkan laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covis-19 Kabupaten Sumedang, hingga pukul 15 sore tadi jumlah pemudik yang masuk ke wilayah Sumedang telah mencapai 4.304 orang. Dan para pemudik ini oleh Tim Gugus Tugas dijadikan sebagai Orang Dalam Resiko (ODR) pada penyebaran Covid-19.

Menurut Kabag Humas Pemkab Sumedang, Asep Tatang Sujana, Para pemudik yang datang hari ini mencapai 450 orang dan tersebar di 17 kecamatan dan hanya 9 kecamatan berdasarkan laporan yang hingga informasi ini disampaikan wilayahnya nihil penambahan pemudik. Kesembilan kecamatan yang hari ini tidak dimasuki pemudik tersebut, kata Asep Tatang, adalah Tanjungkerta, Surian, Sumedang Utara, Sumedang Selatan, Sukasari, Pamulihan, Darmaraja, Cimanggung dan Cisarua. “Artinya, hari ini tidak ada pemudik yang datang ke kesembilan kecamatan tersebut,” jelasnya.

Berdasarkan laporan yang diterima Radar Sumedang.id, jumlah pemudik tersebut hari Minggu ini atau hari H iedul fitri mencapai 4000 orang lebih itu, sebagian besar berada di lima kecamatan, antara lain, Paseh 450 orang, Situraja 349 orang, Wado 326 orang, Buahdua 301 orang dan Cibugel 250 orang. “Namun demikian pada hari H lebaran ini lonjakannya lebih rendah dan hanya 46,61% dibandingkan hari sebelumnya yang mencapai 843 orang,” ujarnya.

Sementara itu rekapitulasi perkembangan kasus Covid 19 pada minggu 24 Mei 2020 adalah sebagai berikut, positif Covid sebanyak 12 orang dari jumlah tersebut, 3 orang telah sembuh dan 9 orang sedang dalam perawatan. Kemudian dari 65 orang yang reaktif rapid test sebanyak 59 orang telah selesai menjalani pemantauan, 3 orang meninggal dan 3 orang masih dalam pemantauan. Lalu Pasieun Dalam Perawatan (PDP) dari jumlah 64 orang, telah sembuh 59 orang dan 1 orang lagi sedang dalam perawatan, sedangkan 4 orang dari PDP ini meninggal. Lalu orang dalam Pemantauan (ODP) dari 962 orang sebanyak 939 orang telah selesai menjalani pemantauan dan 23 orang masih dalam pantauan.

Sedangkan Orang Dalam Resiko (ODR) yakni 4.304 pemudik yang masuk dalam pemantauan. Sebelumnya dari 25.669 ODR telah selesai menjalani pemantauan sebanyak 21.365 orang. Dan orang yang tanpa gejala (OTG) dari 291 orang 162 diantaranya telah selesai dipantau dan 129 lainnya masih dalam pemantauan.(cwp)