Terminal Tipe A Ciakar Memulai Aktifitas Secara Terbatas.

oleh -
PEMERIKSAAN : Sejumlah penumpang yang akan menaiki kendaraan diperiksa petugas sebagai upaya mengantisipasi mewabahnya virus corona

KOTA – Hari ini Senin (08/06) Terminal Tipe A Ciakar Sumedang telah memulai aktifitas secara terbatas. Terpantau sejumlah petugas tampak sibuk memeriksa satu per satu angkutan AKDP (elf) yang akan melintas ke Kota Bandung dari berbagai daerah seperti Majalengka dan Cirebon.

Dikonfirmasi Kepala Terminal Tipe A Ciakar Sumedang Dadang Suganda mengatakan, sesuai intruksi dari Kementerian Perhubungan RI, Terminal mesti menerapkan protokol kesehatan.

Namun untuk sementara pihaknya hanya melayani untuk angkutan AKDP seperti jurusan Bandung dan Bekasi.

“Iya betul kami sudah beroperasi hari ini. Namun karena ada lintasan keberangkatan dari Cikijing, Kadipaten, dan Cirebon, tetap kita arahkan masuk terminal dulu. Kita cek seluruh suhu tubuh penumpang sesuai dengan protokol kesehatan,” kata Dadang di sela kegiatannya, Senin (8/6).

Selain melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang, petugas juga memeriksa satu per satu identitas penumpang dan alasan keberangkatan.

“Kapasitas angkutan juga diatur maksimal setengahnya dari kapasitas tempat duduk,” tambahnya.

Dengan demikian, kata ia, kebiasaan seperti ini juga bakal dilakukan ke angkutan AKAP. Hanya saja pihaknya masih menunggu instruksi dari pusat, kapan Bus AKAP bisa kembali beroperasi.

“Insyaallah kalau sudah ada surat perintah dari pusat untuk dioperasikan kendaraan AKAP, kami akan melihat dulu tujuannya kemana. Apakah daerah yang dituju sudah aman baik itu zona biru atau merah, kami tidak bisa berangkatkan,” tandasnya. (Jim)