Buat Surat Keterangan Sehat Bisa Di Puskesmas Atau RSUD

oleh -

SUMEDANG – Warga Sumedang yang akan membuat surat keterangan sehat atau surat bebas covid-19 dengan peruntukan keperluan sekolah atau bekerja bisa mengurusnya di Puskesmas atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD Sumedang).

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Dadang Sulaeman kepada sejumlah wartawan di RSUD Sumedang.

Ia menyebut, saat ini sudah ada beberapa orang warga yang membuat surat keterangan sehat baik untuk keperluan sekolah maupun pekerjaan. “Sudah ada beberapa (yang membuat surat keterangan sehat),” sebutnya.

Dikatakan, surat keterangan sehat untuk keperluan sekolah bisa dibuat di Puskesmas. Namun, kata dia, jika untuk kepentingan pekerjaan surat keterangan sehat harus dibuat di RSUD Sumedang. “Jadi untuk menyatakan sehat harus ke rumah sakit, baru di rongten, hasil lab harus lengkap. Diperiksa secara fisik dan psikologinya,” ujarnya.

Sementara itu, untuk mendapatkan surat bebas dari Covid-19 masyarakat harus menjalani rapid tes atau swab tes, baik di Puskesmas maupun rumah sakit. Namun, Dadang tidak menyebutkan biaya untuk melakukan swab tes maupun rapid tes. “Kalau pemeriksaan secara masif itu dibiayai oleh pemerintah. Kalau di (rumah sakit) swasta, ya silahkan bisa dicek. Jadi kalau seseorang hasil rapid tes atau swabnya negatif, maka dalam surat yang ditulis adalah orang tersebut ‘non reaktif’,” ucapnya.

Meski demikian, sepengetahuannya, surat keterangan bebas Covid-19 bukan merupakan syarat mutlak untuk kepentingan pekerjaan. “Jadi tergantung tempatnya bekerja, apa saja syarat kesehatan yang harus dilampirkan,” ucapnya. (gun)