BPJS Kesehatan Sumedang Berkomitmen Berikan Layanan Optimal di Era New Normal

oleh -

SUMEDANG – Sebagai langkah memasuki era kehidupan normal yang baru atau yang disebut dengan new normal, BPJS Kesehatan Cabang Sumedang telah bersiap menerapkan protokol pelayanan. Pps. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sumedang Dwi Erdiana mengatakan pihaknya akan melakukan uji coba untuk menerapkan pelayanan di era new normal. Meski begitu, Dwi tetap melakukan evaluasi terhadap seluruh pelayanan yang di berikan dan tetap mengacu kepada pelaksanaan protokol kesehatan.

“Selama kurang lebih 4 (empat) hari, kami akan lakukan uji coba untuk pelayanan di era new normal. Pelayanan ini kami laksanakan dengan tetap berpegang teguh pada protokol kesehatan. Kami berkomitmen untuk selalu siap dalam melayani peserta di era new normal. Saya harap semoga pelayanan ini bisa terlaksana dengan baik,” ujar Dwi, Jumat (12/06).

Dwi menyebutkan, memasuki era new normal, berbagai peraturan terkait protokol pencegahan Covid-19 telah dibuat oleh mulai diterapkan oleh BPJS Kesehatan Cabang Sumedang. Adapun peraturan yang harus diterapkan ialah pemberlakuan physical distancing atau melakukan pembatasan jarak, melakukan pengecekan suhu tubuh dan mewajibkan baik petugas dan peserta untuk selalu menggunakan masker.

“Kami sudah mempersiapkan pelayanan dengan beberapa peraturan yang tetap mengacu pada protokol pencegahan Covid-19. Pelayanan ini kami lakukan tetap dengan mengacu kepada physical distancing atau pembatasan jarak, pengecekan suhu tubuh peserta dan mewajibkan untuk selalu menggunakan masker. Pada bilik pelayanan telah kami berikan sekat antara petugas dengan peserta dan tidak lupa kami sediakan hand sanitizer,” tambahnya.

Dwi juga mengatakan pihaknya telah menyediakan cairan hand sanitizer yang terdapat di setiap sudut ruangan yang dapat digunakan oleh peserta JKN-KIS yang berkunjung ke kantor. Bukan hanya itu, ia juga telah menyediakan wastafel portable yang terletak di depan kantor untuk peserta JKN-KIS mencuci tangannya sebelum masuk ke area pelayanan.

Uji coba penerapan pelayanan new normal ini mendapatkan respon yang positif dari salah satu peserta yang berkunjung ke kantor cabang, Fadly (35). Fadly yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) itu mengatakan ketentuan yang diterapkan oleh BPJS Kesehatan Cabang Sumedang telah memberikan rasa aman bagi seleruh peserta JKN-KIS yang berkunjung. Ia menyebut, dengan ketersediaan wastafel dan cairan hand sanitizer, kebersihan peserta yang datang dapat tetap terjaga, sehingga dapat mengurangi penyebaran virus corona.

“Menurut saya penerapan pelayanannya sudah baik, sudah sesuai standar protokol kesehatan. Seperti saat mau masuk kedalam ada wastafel untuk cuci tangan di dalam juga disediakan banyak handsanitizer lalu juga dilakukan pengecekan suhu oleh petugas dan kami juga diingatkan oleh petugas untuk selalu jaga jarak antar peserta,” kata Fadly. (Rls)