SD IT Assmadani Gelar Kelulusan dan Perpisahan Secara Daring

oleh -

SUMEDANG – Untuk pertama kalinya pelaksanaan kelulusan dan agenda perpisahan di tingkat Sekolah Dasar (SD) dilakukan secara daring.

Di SD IT Assamadani Sumedang, Kepala Sekolah, Guru dan wali murid mesti mengumumkan kelulusan secara online via aplikasi video call dengan menggunakan aplikasi zoom.

Itu terpaksa dilakukan pihak sekolah supaya tidak ada kerumunan masa dimasa transisi AKB. Pasalnya kegiatan pengumuman kelulusan maupun perpisahan (bagi kelas 6 SD) identik dilaksanakan secara gebyar dengan menyelenggarakan beberapa kegiatan dan penampilan siswa atau dengan mengundang bintang tamu yang melibatkan banyak orang.

“Seperti kita ketahui kalau kelulusan dan perpisahan di SD itu pasti ada acara seremonial. Tapi sekarang mah ya sederhana dalam arti simbolis alakadarnya,” ujar Kepala Sekolah SD IT Assamadani, Cucu Samsu kepada Radar Sumedang, Senin (15/6).

Adapun kata dia, untuk saat ini pihaknya hanya melaksanakan pengumuman kelulusan dan perpisahan.

Untuk pengumuman kelulusan termasuk nilai rata-rata siswa dilakukan secara online via zoom bersama para wali murid. Sedangkan untuk pengambilan rapor dan salam perpisahan dari pihak sekolah dilakukan dengan sistem penjadwalan.

“Iya tadi 45 orang sudah mengikuti via zoom, kita umumkan semuanya lulus berikut nilai rata-rata masing-masing siswa. Setelah diumumkan kita undang lima orang wali murid secara bergantian lewat grup WA yang sudah dibentuk,” ucapnya.

Lanjut Cucu, penjadwalan untuk pengambilan surat kelulusan dan nilai rata-rata siswa dilakukan setiap 10 menit. Meskipun di beberapa sekolah ada yang menggunakan jasa antar Pak Pos.

“Kita panggil lima orang ke sekolah, kemudian diberikan surat dan nilai rata-rata, dan difoto. Karena kita menyiapkan ruang untuk penyerahan secara simbolis,” imbuhnya.

Ia menambahkan dalam kondisi seperti ini meski harus menelan kekecewaan akibat batalnya acara seremoni perpisahan telah menjadikan pelajaran yang luar biasa.

Pasalnya para orang tua siswa (sebelum Covid menyerang) sudah merancang kostum dan beberapa penampilan yang akan ditampilkan dalam acara ‘imtiha’ atau acara seremonial perpisahan yang biasa dilakukan di SD IT Assamadani.

“Mungkin merupakan sesuatu yang luar biasa bisa mengadakan perpisahan dalam keadaan keterbatasan jarak, namun ada sesuatu yang baru dengan pengumuman kelulusan secara online via zoom tadi,” pungkasnya. (jim)

oleh