Bupati Imbau Jangan Jual Padi ke Luar Sumedang

oleh -

CISITU – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyatakan, ketersedian pangan bagi warga Sumedang tetap terpenuhi meski dalam kondisi pandemi.

Sebagaimana telah disampaikan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, kata dia, hasil panen padi di Sumedang pada tahun ini sangat memuaskan.

“Tahun ini kita sudah surplus hasil panennya. Tahun ini hasil panen petani sangat banyak,” ujar Dony usai menghadiri acara pengukuhan Kampung TohagabLodaya di Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu, Rabu (17/6).

Dia mengatakan, meski hasil panen melimpah, dirinya pernah mengimbau warga untuk tidak menjual padi ke luar daerah, pada masa pandemi ini.

“Tidak hanya untuk kebutuhan masyarakat Sumedang saja, tapi juga surplus untuk ke luar daerah juga,” ucapnya.

Imbauan tersebut, kata bupati, agar padi hasil panen tetap berada di Sumedang dan dikonsumsi oleh masyarakat Sumedang. Dengan demikian ketersediaan pangan akan terjamin.

“Saya minta waktu itu untuk simpan saja di Sumedang, jangan dulu dikuarkan untuk daerah lain, untuk stok pangan di Sumedang. Jadi warga Sumedang jangan khawatir, ketersedian pangan di Sumedang, karena ketersediaan pangan di Sumedang ini pasti akan terpenuhi, bahkan berlebih,” ucapnya. (gun)