Linggajaya Dilaunching Jadi Kampung Tangguh

oleh -

CISITU – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksmana meresmikan Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu sebagai Kampung Tohaga Lodaya, Rabu (17/6).

Kampung Tohaga Lodaya merupakan proyek percontohan desa tangguh dalam ketahanan pangan saat pandemi Covid-19 di Kabupaten Sumedang. Desa Linggajaya menjadi desa yang paling siap untuk mandiri dalam menghadapi kondisi pandemi ini.

“Di desa (Linggajaya) ini berbagai sarana seperti lumbung padi, dapur umum, tempat isolasi mandiri, tersedia. Kemudian kelompok perikanan, kelompok pertanian, kelompok ibu kreatif bisa berdaya meski dalam masa pandemi,” kata bupati.

Bupati Dony yang pun mengapresiasi Pemerintah Desa Linggajaya yang siap dalam segala hal, terutama penyediaan pangan bagi masyarakat.

“Kondisi ini ada sebelum pandemi. Ini harus jadi contoh buat desa lainnya. Sehingga meski ada pandemi masyarakat dijamin aman pangan. Mudah-mudahan ketika tak ada bansos pun bisa mandiri,” ujar Dony.

Kata Dony, Pemkab Sumedang akan mendorong desa lain agar bisa mencontoh Desa Linggajaya untuk membentuk desa tangguh dan mandiri dalam menghadapi pandemi.

“Ini jadi proyek percontohan di Kabupaten Sumedang. Jika berhasil akan diterapkan pada desa lainnya,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, bupati bersama kapolres memberikan banyuan secara simbolis berupa bantuan benih ikan sebanyak 100 ribu ekor dan dari sektor pertanian berupa beras 1.6 ton.

Kapolres Sumedang Dwi Indra Laksmana mengatakan Kampung Tohaga Lodaya merupakan program inisiasi Kapolri, dalam rangka ketahanan pangan selama masa Covid-19.

“Dengan dicanangkannya kampung tangguh ini diharapkan masyarakat bisa menjadi produktif, jadi lebih mandiri, dan tidak mengandalkan bantuan dari pemerintah,” ucapnya.

Meski Sumedang saat ini masuk zona biru, namun bukan berarti tidak perlu waspada.

“Harus tetap berjaga-jaga, kita cegah bersama-sama, warganya harus tetap mentaati protokol kesehatan, terutama saat keluar rumah,” ucapnya.

Selain Desa Linggajaya, upaya meningkatkan ketahanan pangan oleh Polres Sumedang dilakukan di Desa Gudangwangi Kecamatan Ujungjaya, dan Desa Karyamukti Kecamatan Tomo.

“Di Ujungjaya kami bantu ternak lele, selain itu juga ada di Tomo kami bantu dalam para petani jambu kristal dan mangga gincu,” ungkapnya. (gun)