Matapencaharian Terputus, Warga Eks OTD Geluti Usaha Membuat Perahu Kayu

oleh -

SUMEDANG – Sejumlah warga terkena dampak pembangunan Waduk Jatigede di Kawungwuluk Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu menekuni pembuatan perahu kayu. Aktivitas ini sudah berjalan sejak sekitar 2 tahun.

Salah seorang warga eks OTD Jatigede asal Buahngariung Desa Wado Kecamatan Wado, Sumana (58) mengatakan ada sekitar lima orang eks OTD Jatigede di Kawungwuluk yang kini menjadi anggota kelompok perajin pembuat perahu kayu.

Kata Sumarna, ide membuat perahu berawal saat melihat banyaknya pencari ikan menggunakan perahu buatan orang luar Sumedang.

“Saya melihat kenapa orang Cirata (Purwakarta) bisa (membuat perahu), tapi saya di Jatigede bisa. Kemudian saya coba rakit perahu sendiri, dan ternyata bisa,” kata Sumana, Rabu (17/6/2020).

Perahu hasil rakitannya, kata Sumana kebanyakan dijual, dan ada yang digunakan sendiri untuk mencari ikan. Biasanya Ia membuat perahu setelah ada pesanan.

“Kebetulan sebelum pindah (relokasi) saya kerja bikin kusen di Wado, jadi ya ada basic lah. Satu perahu dengan panjang 7 meter bisa selesai dalam 7 hari. Kebanyakan yang beli masih dari warga sekitar Jatigede,” ujarnya.

Sejak kampung halamannya tergenang, Sumana mencari rongsokan di pesisir Waduk Jatigede untuk menghidupi keluarganya. Kini, dari hasil merakit perahu kayu bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarganya. (gun)

oleh