Dengan DIP Elektronik, Pelayanan BPJS Kesehatan Lebih Mudah dan Cepat

oleh -

SUMEDANG – Kini pelayanan administrasi di kantor BPJS Kesehatan semakin mudah dan cepat dengan menggunakan Daftar Isian Peserta (DIP) elektronik.

DIP elektronik merupakan pengembangan dari Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP) yang dulunya diisi secara manual oleh peserta maupun calon peserta yang akan mendapatkan pelayanan di kantor BPJS Kesehatan.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sumedang Dwierdiana mengatakan penggunaan DIP elektronik bertujuan untuk memberikan kemudahan layanan serta mengurangi waktu tunggu peserta.

“Penggunaan DIP elektronik bertujuan untuk memberikan kemudahan layanan bagi peserta, khususnya yang datang ke kantor BPJS Kesehatan. Peserta tidak perlu repot mengisi formulir lagi, setelah berkas lengkap dan dilayani oleh petugas Service Officer peserta cukup menuliskan beberapa kriteria yang wajib diisi,” kata Dwierdiana.

Lebih lanjut, kata Dwierdiana peserta hanya perlu mengisi nomor telepon yang dapat dihubungi, alamat jika berbeda dengan KTP, nama Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan keperluan administrasi kepesertaan. Selanjutnya, peserta dapat langsung menuju antrean layanan dan menunggu dipanggil oleh petugas frontliner.

Selain itu, dengan adanya DIP elektronik, peserta tidak perlu lagi mengisi formulir secara manual dan cukup membawa persyaratan yang dibutuhkan. Kemudian petugas frontliner akan memproses mengisikan seluruh data peserta dan keluarga berdasarkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan online ke data Dukcapil, serta melakukan konfirmasi data kepada peserta.

“Setelah seluruh data terisi lengkap, nantinya petugas frontliner akan mencetak DIP yang lengkap berikut lembar pesetujuan atau informed consent lalu menyerahkan pada peserta untuk ditandatangani sebagai bentuk persetujuan dan peserta tanpa perlu menunggu lama” papar Dwi Erdiana.

Sementara itu, salah satu peserta yang memanfaatkan layanan DIP Elektronik tersebut, Titin Melawati (34) terlihat sedang mengantar orangtuanya untuk mendaptarkan peseta baru PBPU, ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sumedang. Titin yang bertempat tinggal Dusun Sukajaya Kec. Cibugel merasakan kemudahan layanan yang diterapkan BPJS Kesehatan dengan adanya DIP (Daftar Isian Peserta) elektronik, bila dibandingkan dengan dulu menggunakan pengisian DIP secara manual.

“Dengan penggunaan formulir elektronik ini selain saya tidak perlu mengisi formulir secara manual, saya juga cukup membawa persyaratan dan data-data pendukung yang diperlukan saja, kemudian tinggal mengambil nomor antrean dan menunggu dipanggil oleh petugas dan nggak perlu waktu yang lama, saya sangat terbantu dengan inovasi BPJS Kesehatan ini,” tutupnya. (Isl/rls)