Alun-alun Sumedang Dibuka Kembali, Ingat Ini Jam Operasionalnya

oleh -

SUMEDANG – Dimasa Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kabupaten sumedang, sejumlah ruang publik mulai dibuka kembali.

Salah satunya Alun-alun Sumedang yang beberapa bulan lalu sempat di launching oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Namun karena saat itu virus corona mulai masuk ke Indonesia jadi di awal April 2020 langsung di tutup kembali.

Kemudian di hari Minggu (21/6). Alun-alun Sumedang resmi dibuka kembali untuk umum. Namun untuk jam operasionalnya di batasi sebagai upaya mencegah pengunjung untuk berkerumun lantaran khawatir penyebaran virus corona.

Terpantau sejumlah warga mulai beraktivitas di minggu pagi seperti biasanya. Namun bedanya semua warga wajib mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker.

Petugas dari Satpol PP Kabupaten Sumedang juga tampak berjaga-jaga di semua titik.

Sesekali dengan membawa pengeras suara, tim patroli woro-woro juga tak bosan-bosan mengingatkan warga agar tetap mengenakan masker dan menjaga jarak.

Ditemui disela giat patroli, Kasatpol PP Bambang Riyanto mengatakan pihaknya dalam hal ini bertugas untuk mengawal, menjaga, mengawasi dan mengendalikan warga masyarakat yang ingin berkunjung ke Alun-alun Sumedang.

“Alhamdulillah hampir semuanya masyarakat yang berkunjung ke Alun-alun ini sudah patuh memakai masker,” ucap Bambang.

Bambang menerangkan, di masa pelonggaran Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini khusus untuk Alun-alun Sumedang dilakukan pembatasan jam operasional.

Pembatasan kata Bambang dilakukan sesuai dengan Keputusan Bupati bernomor 45/2020 tentang AKB. Sehingga mulai hari ini sampai waktu yang belum ditentukan, Alun-alun akan dibuka pada jam 06.00 – 09.00 dan jam 15.00 – 18.00 wib.

“Kami lakukan pembatasan semata-mata untuk mengurangi aktivitas sosial masyarakat. Sehingga saat AKB Alun-alun tetap dibuka untuk dinikmati oleh pengunjung, tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujarnya.(jim)