Masih Jauh Dari Harapan, Kecamatan Paseh Kedua Tertinggi Pencapaian SAKIP di Kabupaten Sumedang

oleh -
Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan didampingi Camat Paseh Nandang Suparman saat memberikan keterangan pers dihadapan awak media

PASEH – Capaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi pemerintah (SAKIP) di Kecamatan Paseh perlu ada peningkatan. Hal tersebut di ungkapkan Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan seusai melaksanakan kegiatan Akselerasi Evaluasi SAKIP di Kecamatan Paseh Senin (29/6).

“Hari ini saya memulai kegiatan Akselarasi SAKIP di tingkat kecamatan dan yang pertama kami datangi adalah kecamatan Paseh. Karena Paseh merupakan tingkat kedua raihan SAKIP di Kabupaten Sumedang dan yang Pertama Kecamatan Cimanggung tapi masih sangat jauh dari harapan karena dibawah rata-rata Dinas Kabupaten,” ucap Erwan.

Erwan mengaku, raihan Kecamatan Paseh tahun 2018 baru 51 bahkan ditahun sebelumnya lebih parah lagi yakni 36, dan perolehan tersebut terbilang bagus karena mengalami peningkatan. Namun harus tetap fokus guna peningkatan kedepanya.

“Dengan kehadiran saya disini dapat memotivasi bagi peserta yang hadir disini yakni seluruh kepala desa dan sekretaris desa, dan ternyata mereka baru ada pertemuan seperti ini dan mereka baru tahu apa itu SAKIP dan bagaimana meningkatkan SAKIP itu,” tambahnya.

Erwan mengaku, perolehan SAKIP tingkat Kecamatan paling tinggi Kecamatan Cimanggung yakni 53, Paseh 51 dan yang lain masih dibawah 40 bahkan ada yang 30.

“Mudah-mudahan kedepanya setelah mereka semua tahu kedepanya jauh lebih baik, terutama perencanaan kinerja yang bobotnya tinggi harus tinggi minimal 90 persen perencanaan kinerja karena sesuatu berangkat dari perencanaan,” tutupnya.

Sementara itu, Camat Paseh Nandang Suparman mengaku dengan kedatangan Wakil Bupati Sumedang setidaknya memberikan motivasi untuk meningkat yang sudah barang tentu dari kenyataan yang ada SAKIP di Kecamatan Paseh jauh dari ideal.

“Idealnya apa yang diharapkan minimal dari secara keseluruhan minimal harus mencapai B, saat ini Paseh dengan nilai yang disebutkan Pa Wabup itu merupakan gambaran tahun 2018, gambaran tahun 2019 SAKIP Paseh diangka 55 dan jauh dari kata ideal, idealnya 60 lah sama dengan Kabupaten,” ucapnya.

Camat mengatakan pihaknya berusaha semaksimal mungkin agar menjadi harapan karena SAKIP itu sebuah indikator keberhasilan dari proses pembangunan dikecamatan.

“Mudah-mudahan dengan kehadiran beliau memotivasi kami untuk lebih meningkat dimasa-masa yang akan datang, kami akui di PBB masih lemah kemudian perencanaan dari bobot-bobot 30 persen kita tidak mencapai atau masih lemah,” tambahnya. (tha).

oleh