Stok Hewan Qurban Aman. Berikut Penjelasan Kabid Peternakan Kabupaten Sumedang

oleh -
ILUSTRASI salah seorang pembeli hewan qurban yang tengah melihat-lihat hewan yang akan dibelinya dipeternakan Kecamatan Wado.

SUMEDANG – Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang memastikan ketersediaan hewan qurban di Sumedang tersedia dengan baik.

Kabid Peternakan Ir. Erwin mengatakan ketersediaan hewan qurban baik sapi, domba, maupun kambing dipastikan aman.
Pasalnya, Dinas Peternakan dari tahun ke tahun sudah mempunyai kelompok binaan tersendiri untuk pemenuhan ketersediaan hewan qurban.

“Ada 10 kelompok binaan. Oleh karena itu kita sampaikan ke SKPD Kabupaten, Kecamatan, MUI dan sebagainya apabila membutuhkan bisa menghubungi nomor-nomor telepon yang dicantumkan,” ujarnya saat dikonfirmasi Radar Sumedang di ruang kerjanya, Selasa (30/6).

Dari data yang ada pada tahun 2019, kata Erwin, tercatat untuk hewan qurban seperti Sapi di Sumedang sudah dipotong sebanyak 1.769 ekor, domba 5.900 ekor, dan kambing 500 ekor. Karenanya ditargetkan tahun ini minimal sama dengan tahun 2019.

“Selain itu, untuk mempermudah proses tata niaga hewan kurban, kami telah melakukan pendataan terutama mereka yang merupakan binaan dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang,” tambahnya.

Sementara untuk menjamin kesehatan hewan qurban, Erwin menyebutkan Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang akan melakukan pengecekan hewan-hewan qurban seminggu sebelum Hari Raya Idul Adha.

“Jaminan kesehatan hewan kurban itu ada bidangnya di Bidang Kesehatan Hewan (Dokter Hewan). Kata beliau seminggu sebelum hari H kan ada yang dagang, ada yang siap di rumah dipotong, itu diperiksa kesehatan hewannya. Karena kalau tidak salah tahun kemarin kita diskusi sama Dokter Hewan, hasil pemeriksaan tim akan menentukan mana yang boleh dipotong dan mana yang tidak baik untuk dipotong,” tandasnya. (jim)