Program Relaksasi BPJS Kesehatan Ringankan Penunggak Iuran

oleh -

Radarsumedang.id – Peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kategori Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Peserta Mandiri yang menunggak dan tidak aktif kini diberikan kemudahan dan keringanan dalam proses aktifasi kartu BPJS Kesehatan.

Pps Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sumedang, Dwi Erdiana menyebut bahwa program relaksasi iuran tersebut merupakan program dari pemerintah pusat melalui Peraturan Presiden no 64 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas peraturan presiden no 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

“Bagi peserta yang menunggak atau tidak membayar iuran BPJS Kesehatan dalam rentang waktu 1 sampai 3 tahun misalnya, dan ingin mengaktifkan kembali kartu BPJS karena akan digunakan kembali oleh peserta, maka syaratnya harus ikut program relaksasi dengan membayar iuran selama 6 bulan plus 1 bulan berjalan, maka otomatis akan langsung aktif kembali,” kata Dwi.

Lebih lanjut, bagi peserta yang akan memanfatkan program tersebut untuk informasinya bisa menggunakan layanan call center 1500400 atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Sumedang.

“Silahkan datang atau kontak kami di call center 1500400, ketika kartu sudah aktif dan bisa digunakan kembali kami jamin pelayanan kesehatan akan normal seperti biasanya,” ungkapnya. (isl)