Satu Pasien Covid-19 di Sumedang Dinyatakan Sembuh, Dua Lagi Tunggu Hasil Swab

oleh -
Juri Bicara Gugus Tugas Kabupaten Sumedang Iwa Kuswaeri

SUMEDANG – Satu dari tiga orang pasien positif covid-19 di Kabupaten Sumedang akhirnya dinyatakan sembuh dari corona oleh pihak RSUD Kabupaten Sumedang, Minggu (5/07).

Pasien yang diberi kode nomer 12 tersebut diketahui merupakan Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Pesiar Miami, Amerika Serikat dan merupakan warga Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang.

Sebelumnya, saat pulang ke Sumedang langsung menjalani Rapid Test dan hasilnya reaktif. Kemudian, dilanjutkan dengan test swab yang hasilnya positif Covid-19.

Dikonfirmasi Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten, Iwa Kuswaeri mengatakan pasien yang bersangkutan merupakan warga Kecamatan Ganeas.

“Iya pasien bersangkutan baru saja pulang tadi jam 5 sore dari Rumah Sakit. Beliau disambut oleh keluarga dan Kepala Desa setempat,” ucap Iwa dihubungi via telepon, Minggu (5/7).

Kata Iwa sesuai permintaan pasien, pelepasan pasien tidak disambut secara gebyar seperti 10 orang pasien lainnya yang sudah dinyatakan sembuh.

“Dia itu enggak mau disambut, jadi begitu sembuh itu ingin tenang lah, ingin pulang kerumahnya aja,” katanya.

Kendati untuk dua orang pasien lainnya yang masih diisolasi di RSUD Sumedang akan segera menjalani Tes SWAB terakhir.

“Yang dua orang lagi besok di SWAB. Mudah-mudahan hasilnya negatif, dan kita bisa beralih ke zona hijau,” ujarnya.

Dengan demikian Iwa menyebutkan selama beberapa pekan tidak ada penambahan kasus positif di Sumedang. Lantaran dari total 13 orang pasien terkonfirmasi positif SWAB, sebanyak 11 orang telah selesai dan dinyatakan sembuh yaitu dari Kecamatan Darmaraja, Jatinangor, Tanjungsari, Sumedang Selatan, Buahdua, Ujungjaya, Cimanggung dan Ganeas. (jim)