Masjid Nurul Hidayah Ditutup Sementara, Tiga Warga Sukajaya Jalani Tes Swab

oleh -
Tim dari Puskesmas dan Pemdes Sukajaya saat melakukan himbauan kepada warga di Lingkungan Dago, Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan, Kamis (9/7).

SUMEDANG – Pemerintah Desa Sukajaya menutup sementara Masjid Nurul Hidayah di Dusun Dago RT 03 RW 02 Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan.

Penutupan tersebut dilakukan dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai covid-19 di masjid tersebut lantaran sebelumnya salah seorang warga yang terkonfirmasi Covid-19 ikut melaksanakan sholat berjamaah di masjid.

“Untuk sementara Masjid Nurul Hidayah di Dusun Dago belum boleh digunakan dulu, disterilkan dulu,” kata Kepala Desa Sukajaya, Nenden Dewi Raspati, Kamis (9/7/2020).

Namun demikian, Nenden belum bisa memastikan sampai kapan masjid tersebut bisa beroperasi kembali. “Masih dikoordinasikan dulu, kami masih menunggu instruksi,” katanya.

Lebih jauh Nenden menuturkan, orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut bukan warga Sukajaya, melainkan warga dari luar yang Solat Ashar di masjid tersebut. “Perlu diketahui bersama itu bukan warga Desa Sukajaya. Hanya kebetulan saat penjemputan sedang solat di masjid tersebut,” tuturnya.

Nenden juga membenarkan bahwa pasca penjemputan di Masjid, tim medis dari Dinas Kesehatan dan PMI melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan.

“Berkaca dari kejadian tersebut kami menghimbau kepada warga masyarakat agar lebih berhati-hati, protokol kesehatan tetap dijalankan, dan melaporkan setiap orang yang masuk wilayah Sukajaya,” ucapnya.

Nenden menambahkan saat ini ada tiga orang warga Desa Sukajaya yang tengah melakukan Test SWAB Di Labkesda Sumedang.

“Iya kita ambil 3 orang yang berinteraksi dengan pasien yang bersangkutan. Hasilnya nanti tergantung Labkesda,” ucapnya.

Pasalnya disebutkan Nenden, pada malam Selasa pasien yang bersangkutan sempat kontak erat dengan seorang Ustadz.

“Iya bahkan yang bersangkutan ikut sholat, dan sempat mengumandangkan adzan berikut qomat,” sebut Nenden.

Oleh sebab itu per hari ini dan seterusnya pihaknya bersama tim dari Puskesmas setempat akan rajin menghimbau kepada warga agar lebih waspada.

“Sekarang kami sedang sosialisasi bersama Puskesmas berkeliling ke pemukiman warga di sekitar Masjid Nurul Huda. Kita berikan selembaran protokol kesehatan seperti rajin cuci tangan, pakai masker dan menjaga jarak aman,” tandasnya.
(gun/jim)