BBKSDA Sebut tak Ada Buaya di Jatigede

oleh -

WADO – Gugus tugas evakuasi dan penyelamatan satwa liar dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) seksi wilayah 3 Bandung, menyatakan tidak menemukan adanya pergerakan buaya di perairan Waduk Jatigede. Hal itu setelah tim melakukan pemantauan selama 10 hari, di sejumlah titik wilayah perairan Waduk Jatigede.

Analis Data Perlindungan, Seksi Konversi Wilayah (SKW) 3, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, Toni Setiana menyebutkan, pemantauan dilakukan oleh tim gugus tugas sebagai tindak lanjut adanya anak buaya yang tertangkap di pesisir waduk di blok Cisurat, Kecamatan Wado beberapa waktu lalu.

Toni mengaku, pemantauan dilakukan oleh 7 personil dan dilaksanakan dari 2 Juli hingga 11 Juli. Setiap harinya pemantauan dilaksanakan dari pukul. 08.00 hingga pukul 01.00 dini hari.

Adapun pemantauan dilakukan dengan metode wawancara dengan nelayan yang biasa beraktivitas di perairan waduk dan pengamatan secara langsung di sejumlah areal perairan terdekat ditemukannya anak buaya. Terutama dari titik pesisir Cisurat hingga titik pesisir Cibungur Kecamatan Darmaraja dengan jarak sekitar 2,5 Km.

Toni juga mengatakan pada pelaksanaan pemantauan tim gugus tugas didampingi oleh pihak pemerintah kecamatan serta dari unsur masyarakat nelayan.

“Dari hasil pelaporan tim tiap hari ternyata tidak diketemukan adanya pergerakan buaya. Jadi tim menyimpulkan bahwa di perairan waduk tidak ada buaya,” ujar Toni, Senin (13/7).

Namun demikian, sambung Toni, pihaknya meminta masyarakat terutama yang kerap beraktivitas di perairan Waduk Jatigede tetap waspada. Dan jika menemukan kembali adanya pergerakan buaya diharapkan bisa secepatnya berkoordinasi dengan intansi kecamatan atau langsung ke BBKSDA.

“Kami juga dengan intansi kecamatan maupun desa telah menyampaikan imbauan dalam bentuk rambu atau poster imbauan,” ucapnya.

Sebelumnya, warga Desa Cisurat, Kecamatan Wado dihebohkan dengan tertangkapnya seekor anak buaya berukuran panjang sekitar 75 cm di perairan Waduk Jatigede blok Cisurat Desa Cisurat, Rabu (24/6).

Anak buaya tersebut ditangkap oleh, Karyuman Priadi warga Cisurat di rakit pemancingan miliknya tak jauh dari tepian pesisir. (gun)

oleh