Puluhan Warga Kebonkol Gerebeg Warung Penjual Obat Terlarang

oleh -

SUMEDANG – Tiga orang pria diamankan puluhan warga di Lingkungan Kebonkol Kelurahan Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan, Kamis (23/7/2020) malam. Ketiganya diduga menyalahgunakan narkoba jenis obat-obatan terlarang.

Mereka diamankan warga di sebuah toko kelontongan Jln. Gatot Mangkupraja Lingkungan Kebonkol.

Pantauan Radar Sumedang, puluhan warga tampak berkerumun saat penangkapan tersebut.

“Ada tiga orang yang diamankan, kelihatannya masih remaja semua,” ujar Hendri Darmawan (36) warga di lokasi kejadian.

Kata dia, penangkapan tersebut dilakukan dengan cara warga menjebak pria diduga penjual obat-obatan terlarang.

“Digrebeg warga, dijebak,” katanya lagi.

Ketua RT 01, Riki Setiawan menyebutkan warung kelontongan tersebut sudah lama dicurigai warga menjadi tempat peredaran obat-obatan terlarang. Warga pun merasa geram atas perbuatan tersebut.

“Warga memang sudah lama curiga, makannya kami pancing pura-pura beli obat, dan ternyata benar ada barangnya,” ujarnya.

Sejumlah warga tampak emosi saat penggerebegan tersebut. Beruntung pihak kepolisian dari Polres Sumedang yang sedang melakukan patroli segera datang ke lokasi. Polisi berhasil menenangkan masa, dan langsung mengamankan ketiga pria tersebut. Selain tiga pria, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti obat-obatan terlarang. Kata Riki, pria penjual obat-obatan tersebut bukan warga setempat.

“Sudah 3 bulan informasinya ada transaksi (obat terlarang) itu, hanya saja kami biarkan dulu. Penjualnya bukan warga kami, dan tidak pernah lapor,” ujarnya.

Pawas Polres Sumedang, Iptu Muchtar mengatakan, pihaknya mengamankan tiga orang, dan langsung dibawa ke Mapolres Sumedang untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Selain tiga orang, polisi juga mengamankan ratusan butir obat-obatan terlarang, diantaranya tramadol.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat yang sudah melaporkan kejadian ini. Untuk selanjutnya tiga orang ini kaki bawa ke Polres Sumedang untuk kami BAP,” ucapnya di lokasi. (gun)

oleh