Masa Pedemi Covid-19, Operasi Patuh Lodaya 2020 Mengedepankan Himbauan dan Teguran Ketaatan Prokes

oleh -

SUMEDANG – Operasi Patuh Lodaya 2020 di wilayah Kabupaten Sumedang mengedepankan tindakan preventif dan preentif. Petugas Satuan Lalu Lintas

Polres Sumedang mengedepankan himbauan kepada masyarakat pengguna jalan raya agar selalu menjalankan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Operasi Patuh kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sasarannya selain kamselciptar lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas), ada juga himbauan kedisiplinan masyarakat dalam pencegahan Covid-19,” kata Kabag Binopsnal Ditlantas Polda Jabar, AKBP Agung Reza Pratidina, saat meninjau Operasi Patuh 2020 di Bundaran Binokasih, Sumedang, Sabtu (25/7/2020).

Dalam Operasi Patuh kali ini petugas gabungan dari Satlantas Polres Sumedang, Subden Pom, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang membagikan masker kain kepada pengguna kendaraan bermotor.

Selain itu petugas juga memberikan himbauan pentingnya menjalankan protokol kesehatan, dan tertib berlalu lintas, baik secara lisan maupun tulisan.

“Diharapkan masyarakat lebih disiplin dalam pencegahan Covid-19 di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB),” katanya lagi.

Reza menyebutkan, pihaknya tidak akan melakukan tindakan tilang bagi pengguna kendaraan bermotor yang tidak menggunakan masker.

“Kami sifatnya lebih humanis, memberi himbauan dan teguran. Karena saat (masa pandemi) ini kesadaran masyarakat (menjalankan protokol kesehatan) paling utama,” tuturnya.

Dikatakan, pembagian masker kain gratis ini akan dilakukan selama Operasi Patuh Lodaya 2020, yang berlangsung selama 14 hari, hingga 5 Agustus 2020.

“Untuk hari ini kami siapkan 1000 masker, namun kami sudah siapkan sebanyak 3500 masker untuk dibagikan selama Operasi Patuh Lodaya 2020,” ujarnya. (gun)

oleh