Solusi Belajar Ditengah Pandemi, PC Pergunu dan LP Ma’arif Kembangkan Aplikasi SMS

oleh -
Ketua Pengurus Wilayah (PW) Pergunu Jawa Barat Dr. H. Saepuloh, M.Pd, saat memberikan sambutan dalam kegiatan implementasi school management system di Aula PC NU Sumedang

KOTA – Upaya mengantisipasi pembelajaran ditengah Pandemi Covid-19, puluhan Kepala Sekolah, Guru dan Operator dibawah naungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Sumedang mengikuti sosialisasi implementasi school management system (SMS) di aula PC NU Sumedang. Rabu (29/07).

Sosialisasi tersebut bentuk kerjasama lembaga keuangan BJB Syariah dengan PC Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Sumedang dan LP Ma’arif NU Sumedang

Ketua Pengurus Wilayah (PW) Pergunu Jawa Barat Dr. H. Saepuloh, M.Pd, mengaku prihatin dengan adanya Virus Corona karena menghambat proses pembelajaran tatap muka langsung baik tingkat RA, MI, Mts, MA dan Peruguruan Tinggi.

“Kondisi seperti ini tidak pernah terbayangkan sebelumnya, oleh sebab itu Bjb Syariah Bank Jabar mempunyai komitmen membangun lembaga di Jabar melalui CSR berupa peluncuran aplikasi yang sangat luar biasa, karena didalamnya ada edukasi pembelajaran serta digitalisasi keuangan,” ucapnya.

Ia menambahkan, melalui aplikasi School Management System (SMS) dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat dibutuhkan oleh lembaga pendidikan, bahkan sudah dapat digunakan untuk pelaporan ke DAPODIK ataupun EMIS.

“Aplikasi ini sangat membantu lembaga pendidikan, untuk meningkatkan layanan pendidikan, bahkan tidak menutup kemungkinan dengan aplikasi ini dapat meningkatkan nilai akreditasi lembaga pendidikan,” ucapnya.

Menurutnya, dengan kerjasama yang dilakukan dapat membantu proses digitalisasi keuangan sehingga akan meminimalisir transaksi tunai.

“Ini merupakan sebuah langkah yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan di Masa new normal ini dalam upaya mencegah penularan virus covid-19,” tuturnya.

Dengan aplikasi ini, kata ia, proses pembelajaran daring bisa lebih maksimal, karena dalam aplikasi ini terdapat fitur pembelajaran online yang bisa melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh antara siswa dan guru dalam satu kelas.

“Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pelayanan bagi peserta didik, sehingga pendidikan di Sumedang bisa lebih maju,” tutupnya.

Sementara, Ketua Pengurus Wilayah LP Maarif PWNU Jawa Barat Prof. Dr. HJ. Ulfiah. M. Si. mengaku kegiatan ini merupakan program yang sangat baik dalam mendukung meningkatkan kualitas pendidikan.

“Kunci pendidikan adalah perubahan, melalui kegiatan ini menunjukan perubahan dan perubahan ini adalah kunci keberhasilan pendidikan. Ada berbagai hal untuk melakukan pendidikan yang berkualitas tidak hanya guru dan lembaga, program ini sentuhannya bukan hanya kepada guru, kepala sekolah, murid tapi hanya orang tua. Karena pada era ini dipaksa merespon perkembangan zaman yang ada,” tambahnya.

Sementara itu, Pemimpin Divisi Institutional Banking BJB Syariah Yane Roosyana mengatakan SMS merupakan bantuan khusus BJB Syariah untuk pendidikan di Jawa Barat.

“Dengan aplikasi School Management System (SMS), lembaga pendidikan di Jawa Barat bisa terbantu menjadi lembaga pendidikan berbasis digital. Aplikasi ini diberikan secara gratis ke lembaga pendidikan NU,” tutur Yane Roosyana. (tha)