BAZNas Sumedang Menyembelih dan Membagikan Hewan Kurban

oleh -
Ketua BAZNas Sumedang Ayi Subhan Hafas menyerahkan daging kurban yang dibungkus menggunakan besek

SUMEDANG – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Sumedang mendistribusikan 35 ekor hewan kurban ke semua UPZ Kecamatan di Sumedang dan instansi terkait pada Iduladha tahun ini. Jumlah tersebut terdiri dari 34 ekor domba dan 1 ekor sapi.

Wakil Ketua BAZNas Kabupaten Sumedang, Asep Hamdan menuturkan pendistribusian hewan kurban ke UPZ Kecamatan agar daging kurban dapat dinikmati masyarakat di pelosok.

“Kami distribusikan ke UPZ di 26 kecamatan di Sumedang agar daging kurban tersebar ke pelosok-pelosok,” ujar Asep, saat penyembelihan hewan kurban di Kantor BAZNas Sumedang, Minggu (2/8/2020).

Sementara itu, di Kantor BAZNas Sumedang, Jln. Kutamaya, juga dilakukan penyembelihan sebanyak 1 ekor sapi dan 1 ekor domba. Proses penyembelihan dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

Petugas dan panitia dilengkapi alat pelindung diri (APD) seperti masker dan sarung tangan, guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Paling penting bagaimana proses penyembelihan, pemotongan, dan pembagian daging kurbannya dengan menjalankan protokol kesehatan,” tuturnya.

Dikatakan, pihaknya menyediakan 200 paket daging kurban, yang dibungkus dengan besek. Pemilihan bungkus dari anyaman bambu itu selain agar ramah lingkungan, juga bertujuan untuk menjaga kualitas daging kurban.

“Kami tidak menggunakan kantong plastik demi kesehatan. Dalam pembagiannya pun kami mendistribusikan daging kurban ke rumah-rumah warga, guna menghindari kerumunan orang, hanya beberapa saja yang dibagikan di sini,” ucapnya. (gun)