Ketua Kwarcab Sumedang Sebut Eksistensi Pramuka Harus Terlihat dan Dirasakan Masyarakat

oleh -

KOTA – Menyongsong peringatan Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020, Kwartir Cabang (Kwarcab) Sumedang menggelar ziarah kemakam tokoh-tokoh yang berjasa bagi bangsa dan kemajuan organisasi Gerakan Pramuka di Kabupaten Sumedang, Kamis (13/08).

Ziarah dilakukan di dua tempat yakni di Makam Batureok dan Palasari. Sebelum prosesi tabur bunga dan doa bersama, digelar upacara di komplek pemakaman Batureok diikuti jajaran pengurus dan anggota Kwarcab dipimpin langsung oleh Ketua Kwarcab Sumedang yang juga Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sumedang mengatakan, kegiatan ziarah  dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka yang ke-59 sebagai bentuk penghormatan kepada para tokoh yang berjasa terhadap kemajuan Sumedang dan organisasi Pramuka.

“Ziarah tersebut dapat memberikan semangat dan motivasi para generasi penerus dengan  menggelorakan kembali semangat para pendahulu  dalam meneruskan cita-cita untuk membangun Kabupaten Sumedang,” ucapnya

Ia menambahkan, rangkaian kegiatan peringatan HUT Pramuka ke-59 diawali dengan ziarah untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang. Kami juga mengirimkan doa semoga amal bakti para pahlawan diterima di sisi Allah SWT dan ditempatkan di tempat yang terpuji.

“Di tengah Pandemi Covid-19 saat ini, kami mengajak kepada seluruh anggota Gerakan Pramuka di seluruh Kabupaten Sumedang untuk lebih merapatkan barisan agar eksistensinya terlihat dan lebih dirasakan oleh masyarakat, khususnya dalam penanganan Covid-19,” tambahnya.

Peringatan HUT Pramuka ini, lanjut Erwan, harus lebih merapatkan barisan. Pramuka harus betul-betul terlihat eksistensinya oleh masyarakat terutama kepeduliannya terhadap penanganan Covid-19.

Disela sela kegiatan ziarah  ke makam batureok Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mengunjungi salah satu penunggu makam (kuncen) Batureok Cucu Suhariah (94) yang tengah sakit. (tha).

oleh