Pemdes Kebonjati Bentangkan Merah Putih di Gunung Kecapi

oleh -

SUMEDANG – Pemerintah Desa Kebonjati Kecamatan Sumedang Utara membentangkan pita merah putih raksasa di puncak Gunung Kacapi. Pemasangan pita raksasa ini bekerjasama dengan penggiat panjat tebing Sumedang, dan Karang Taruna.

Kepala Desa Kebonjati, Deddy Daryono mengatakan pita raksasa yang dipasang memiliki panjang 27 meter dan tinggi 3 meter. Pemasangan ini dalam rangka memperingati HUT RI ke-75.

“Tahun kemarin kami pasang panjang 17 meter, tahun ini lebih panjang lagi. Dengan pemasangan pita raksasa ini diharapkan memberikan motivasi kepada warga kami, bahwa dalam mengisi kemerdekaan itu tidak harus berperang, tapi bisa juga dengan pembangunan,” ujarnya, Minggu (16/8/2020).

Kata Deddy, pita raksasa dipasang di ketinggian 500 mdpl, dengan melibatkan empat orang pemanjat tebing profesional dan beberapa kru pendukung lainnya. Bahan pita tidak terbuat dari kain biasa, melainkan dari bahan kain terpal.

“Keinginan kami pemasangan pita raksasa ini diadakan setiap tahun, dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Lebih jauhnya, lanjut kades, dengan pemasangan pita raksasa ini diharapkan dapat menarik wisatawan berbondong-bondong datang ke Kebonjati. Desa Kebonjati sendiri mencanangkan diri menjadi desa wisata.

“Ini salah satu upaya kami merealisasikan Kebonjati sebagai desa wisata. Sasaran kami adalah wisatawan baik lokal Sumedang maupun luar daerah,” ucapnya. (gun)