Tim Belalang Tempur 0610/Sumedang Siap Jejal Gang-Gang Sempit

oleh -

SUMEDANG – Upaya membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumedang dalam penanganan penyebaran Covid-19. Kodim 0610/Sumedang memodifikasi motor Babinsa dengan dilengkapi peralatan penyemprotan Disinfektan.

Modifikasi motor tersebut bertujuan untuk memudahkan penyemprotan kepemukiman warga yang sulit dijangkau kendaraan roda empat.

Pasi Ops Kodim 0610/Sumedang Kapten Inf Agus Hermawan menjelaskan pihaknya bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia dalam membuat motor semprot yang sudah diuji dan berhasil.

“Peralatan penyemprotan dirakit sedemikian rupa sengaja untuk menjangkau daerah yang sulit masuk kendaraan besar, gang-gang sempit sehingga penyemprotan bisa dilaksanakan secara efektif dan bisa dirasakan langsung oleh warga sekitar,” ucapnya. Jumat (21/08).

Ia menambahkan, motor hasil modifikasi tersebut mampu membawa 40 liter cairan disinfektan yang nantinya akan keliling diwilayah yang sulit dijangkau sesuai permintaan masyarakat.

“Saat ini, yang sudah beroperasi di Kodim 0610/Sumedang sebanyakk 1 regu atau 10 unit dan kami beri nama Tim belalang tempur 0610/Sumedang saba desa,” tambahnya.

Selain itu, kata ia, juga memiliki tanki disifektan untuk mengcover wilayah areal publik seperti taman kota dan alun alun karena kurang efektif untuk menjangkau daerah kecil atau gang-gang sempit diwilayah, sehingga memodifikasi motor semprot dengan harapan dapat menjangkau daerah-daerah tertentu.

“Pada kesempatan yang sama juga kami membagikan sejuta masker buat warga yang merupakan program bapak Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa S.E.,M.Si dengan harapan tidak ada lagi warga di Sumedang yang tidak mengenakan masker dan pakai masker harus menjadi sebuah kewajiban buat menjaga kesehatan,” pungkasnya (tha)