Berkat JKN-KIS, Operasi Pemasangan Ring Jantung Rohman Gratis

oleh -

Radarsumedang.id – Jaminan kesehatan merupakan salah satu hal penting yang wajib dimiliki oleh masyarakat. Bukan karena soal formalitas, namun, dengan memiliki jaminan kesehatan, kita akan siap menghadapi kondisi dimana masyarakat akan jatuh sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan.

Apalagi dengan hadirnya program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, masyarakat dapat menjadikan program tersebut sebagai salah satu jaminan kesehatan mereka untuk menjamin seluruh pembiayaan apabila jatuh sakit.

Begitu juga yang dialami Rohman, bertempat tinggal di Dusun Kukulu Desa Cipancar Sumedang Selatan, dirinya merupakan peserta JKN-KIS segmen pensiunan Pegawai Negeri Sipil.

Dirinya mengaku pernah menggunakan kartu kepesertaan JKN-KISnya untuk pemasangan ring jantung di Rumah Sakit Sumedang. Bukan hanya itu, Rohman juga sempat megalami komplikasi dengan penyakit diabetes mellitusnya (DM).

“Kala itu, saya memang sempat mengalami komplikasi akibat penyakit diabetes. Kemudian, dokter langsung menyarankan untuk menjalani rawat inap. Awalnya, saya sempat khawatir, kalau menjalani rawat inap pasti membutuhkan biaya yang sangat banyak. Beruntung saya sudah memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) ini dan saat itu saya sesuai hak kelas perawatan sehingga tidak ada biaya sepeserpun yang harus saya keluarkan,” ungkapnya.

Bagi Rohman, menjadi peserta JKN-KIS sudah lama ia sebagai kepala Sekolah guru SD Citengah. Iuran yang dibayarkan yang langsung dipotong akan membantu peserta lain yang sedang sakit atau yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Saat dirinya menjalani perawatan di rumah sakit, pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit juga sangat baik dan tidak ada pembedaan perlakuan yang dirasakan antara pasien JKN-KIS dengan pasien umum lainnya.

“Petugas medis di rumah sakit memberikan pelayanan yang sama antara pasien peserta JKN-KIS dengan pasien umum. Semua diperlakukan sama dan sama sekali tidak ada perbedaan. Ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS sudah baik,” terangnya.

Menjaga pola hidup bersih, mengonsumsi makanan yang sehat, juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit sehingga hal sangat penting untuk dilakukan. Akhir perbincangan, Rohman mengungkapan walaupun dipotong langsung tiapa bulan, mengimbau seluruh keluarga dan masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS untuk segera mendaftarkan diri beserta keluarga. (Isl/rls).