Tiga Perguruan Tinggi Akan Dibangun di Desa Mekar Rahayu

oleh -
Radarsumedang.id – Pemerintah Kabupaten Sumedang berencana menjadikan Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Sumedang Selatan menjadi pusat pendidikan tinggi di Sumedang.
Lokasinya yang berada di kaki gugusan pegunungan Kareumbi dan tak jauh dari pusat Sumedang kota ini dipastikan akan menjadi lokasi pembangunan tiga perguruan tinggi (PT) yang cukup eksis.
Tiga PT atau kampus itu antara lain kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Sebelas April (Unsap).
Konon dulunya kawasan ini adalah lahan tanah negara bekas perkebunan dan kabarnya Pemkab Sumedang sudah mengajukan penggunaan lahan untuk pengembangan kampusnya.
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan, berdirinya kampus perguruan tinggi bisa mendorong terhadap peningkatan kualitas SDM masyarakat Sumedang melalui pengembangan IPTEK yang pada akhirnya akan turut mencerdaskan dan menyejahterakan masyarakat.
‚ÄúPembangunan kampus UIN Bandung merupakan tindak lanjut kerja sama UIN mengenai pendirian kampus berupa kebun biologi dan wisata religius,” ucap Bupati saat berkunjung ke Desa Mekar Rahayu baru-baru ini.
Lebih lanjut sambung Bupati, untuk menindaklanjuti akses jalan menuju Desa Mekar Rahayu, Pemerintah telah menganggarkan untuk memperbaiki akses jalan itu.
“Jalan ruas Ciherang-Cikamuning-Kareumbi menuju Desa Mekar Rahayu dan Margalaksana sudah dimasukan dalam rencana perbaikan jalan pada APBD 2021,” tuturnya.
Terpisah dikonfirmasi, Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Sumedang Sonny Nugraha menyebutkan, untuk perbaikan akses jalan Ciherang Kareumbi dipastikan akan dimulai pada tahun depan.
“Iya Jalan Ciherang-Kareumbi akan diperbaiki dengan anggaran Rp. 3,5 miliar yang bersumber dari Bantuan Provinsi (Banprov) Jabar. Itu komitmen Pa Bupati untuk memperbaiki aksesibilitas masyarakat dikawasan Desa Mekar Rahayu,” sebut Sonny. (jim)