Pasien Covid-19 Meninggal Dunia, Ini Penjelasan Camat Paseh

oleh -

Paseh,Radarsumedang.id – Pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 yang meninggal dunia di RSUD Sumedang pada Senin petang (7/9) kemarin. Merupakan warga Kecamatan paseh yang sudah lama tinggal di Jakarta.

Hal itu dikatakan Camat Paseh Beni Satriaji kepada radarsumedang.id Selasa pagi (8/9).

Beni menyebut bahwa yang bersangkutan diduga terpapar virus korona di Jakarta.

Dikatakan Beni, E (65) warga Dusun Jelegong Desa Haurkuning Kecamatan Paseh sudah lama tinggal di Jakarta, dan baru beberapa hari ini pulang kampung ke Sumedang.

“Almarhumah sebetulnya berdomisili di Jakarta, sudah lama tidak pulang-pulang ke sini, karena kemarin merasa tidak sehat makannya pulang kampung,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan keluarga E, lanjut camat, E memiliki riwayat penyakit komplikasi, seperti kolesterol dan darah tinggi.

“Setelah pulang kesini yang bersangkutan berobat, dan yang kedua kalinya dirawat di RSUD Sumedang namun meninggal dunia,” katanya.

Terkait ada warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19, kata Beni, pihaknya sudah berkoordinasi dengan gugus tugas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang untuk melakukan tes swab kepada orang yang kontak erat dengan E.

“Sudah kami data, ada 16 orang keluarga dekat yang kontak fisik dengan almarhumah, dan itu yang akan dilakukan tracing dan swab tes nanti,” tuturnya.

Kata camat, tes swab kepada orang kontak erat tersebut akan dilakukan pada Selasa (8/9/2020) siang. Ia mengaku merasa kawatir ada warga lainnya yang terpapar virus korona setelah kontak erat dengan E.

“Sebab kontak sebentar saja harus diwaspadai dan curigai, karena paparan sangat memungkinkan, karena virus ini kan tidak terlihat dengan kasat mata,” ucapnya.

Selain itu, camat juga sudah mengintruksikan kepada warga yang kontak fisik dengan E agar menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, mengurangi aktivitas, dan juga tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain.

“Yang jelas atas kejadian ini jadi peringatan bagi kami, mudah-mudahan tidak ada lagi warga yang terpapar, kami berupaya agar yang lainnya selalu sehat,” ucapnya. (gun)