Ajukan BLT, 50 Ribu Umkm di Sumedang Selesai Direkap

oleh -
Baru-baru ini Wabup Sumedang Erwan Setiawan meresmikan Gerai Produk UMKM di Tanjungsari

Radarsumedang.id – Kepala Bidang (Kabid) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Diskopperindag Kabupaten Sumedang Idik Jaya Permana menyebutkan bahwa sebanyak 50 ribu data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM Sumedang telah dilakukan perekapan.

“Dari jumlah tersebut yang terekap di provinsi hanya 35 sampai 38 ribu, rekamannya terus bertambah mungkin Minggu sekarang ditutup,” ucapnya kepada Radar Sumedang.

Idik menambahkan, pihaknya hanya merekap dan memverifikasi semua data yang disusulkan adapun yang berhak menerima tergantung pemerintah pusat kementerian UMKM dan OJK.

“Kita hanya membantu merekap dan mengusulkan. Pemerintah pusat mempunyai sistem khusus, apabila ada pemohon yang masih punya pinjaman atau dalam tabungannya lebih dari 2 juta otomatis pemohon tersebut akan terhapus oleh sistem,” ucapnya.

Karena, kata ia, setiap pemohon yang ingin mendapatkan BLT UMKM ini tidak boleh memiliki pinjaman terhadap Bank manapun serta tidak boleh memiliki tabungan lebih dari 2 juta.

“Setelah proses perekapan selesai anggaran akan turun, menurut informasi pertengahan September mulai pencariannya tapi belum tahun persis hanya pihak Bank BRI yang tahu,” ucapnya. (tha).