Kebakaran Rumah di Conggeang Jadi Tontonan Warga, Petugas Damkar Kesulitan Padamkan Api

oleh -

Conggeang, RadarSumedang.id – Diduga akibat korsleting listrik, 2 unit rumah permanen milik warga Dusun Sirahcipelang RT 04 RW 04 Desa Cipamekar Kecamatan Conggeang ludes terbakar, Sabtu (12/9/2020). Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Komandan Peleton Pemadam Kebakaran pada Satpol PP Kabupaten Sumedang, Arifin Rachmat mengatakan pihaknya menerima laporan adanya kebakaran tersebut sekitar pukul 15.15 WIB.

“Rumah yang terbakar seluas 112 meter persegi atas nama Rokid (73) pekerjaan petani, dan rumah seluas 168 meter persegi milik Cecep (35) yang merupakan pedagang,” ujarnya.

Dari hasil penyelidikan sementara dan keterangan sejumlah saksi, kebakaran diduga karena korsleting listrik. Akibat kebakaran tersebut kerugian ditaksir mencapai Rp 250 juta. Adapun aset yang terselamatkan senilai Rp 300 juta.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api, yakni Unit Reaksi Cepat (URC) Damkar Wilayah Conggeang, URC Damkar Sumedang Kota, dan URC Bidang Damkar Satpol PP Kabupaten Sumedang.

“Kami juga dibantu pihak Polsek, Koramil, dan warga sekitar. Selesai pemadaman sekitar pukul 16.30 WIB,” ucapnya.

Anggota pemadam kebakaran lainnya, Wandi Rosandi menuturkan pihaknya mendapati sejumlah kendala dalam upaya memadamkan kebakaran tersebut, diantaranya kesulitan mendapatkan air, dan akses jalan yang sempit.

“Kami mengambil air hingga ke wilayah galian di Legok Kaler (Kecamatan Paseh),” ujarnya.

Lebih jauh, Ia menyayangkan masih banyak warga yang menjadikan peristiwa kebakaran sebagai tontonan. Kondisi ini menurutnya menjadi kendala dalam memadamkan kebakaran. Selain itu juga bisa membahayakan warga itu sendiri.

“Mobil jadi tambah sulit ke lokasi kebakaran, karena terhalang motor warga yang parkir di pinggir jalan,” ujarnya. (gun)