Ribuan Pembuat Kartu Kuning Sulit Dapatkan Pekerjaan

oleh -
net

Radarsumedang.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang mencatat selama tahun 2020 sudah ada 8.195 warga Sumedang yang membuat kartu pencari kerja, atau kartu kuning.

Namun dari jumlah tersebut baru sekitar 520 orang yang sudah ditempatkan dan sisanya masih belum mendapatkan pekerjaan.

Menurut Kabid Penempatan dan Perluasan Ketenagakerjaan Dinas Teanaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang Asep Muldansyah, jumlah pencari kerja asal Kabupaten Sumedang setiap tahunnya memang tinggi, hingga mencapai ribuan orang.

Sebagai perbandingan lanjut Asep untuk tahun 2019 lalu jumlah pencari kerja di Kabupaten Sumedang mencapai angka 14.042 orang dan yang ditempatkan mencapai 5300 orang.

“Untuk tahun ini yang sudah ditempatkan jumlahnya lebih sedikit yaitu baru sekitar 520 orang atau 10 persen dari jumlah tahun lalu, kalaupun hingga akhir tahun ada peningkatan namun diprediksi tidak akan siginifikan,” ujarnya.

Dikatakan, adanya pandemi Covid-19 yang saat ini sedang melanda turut berdampak pada penyerapan tenaga kerja. Penyerapan tenaga kerja tahun ini dirasakan lebih sedikit dibandingkan tahun lalu karena situasi pandemi Covid-19 yang berdampak pada sektor perekonomian.

“Harus kami akui saat ini banyak perusahaan yang melakukan PHK atau merumahkan karyawannya sehingga berdampak pada penerimaan karyawan baru,” katanya. (gun)