Fokus Razia Warga Tak Bermasker, Pakai Scuba dan Buff Masih Boleh

oleh -
Ilustrasi / net

Radarsumedang.id – Sosialisasi pelaksanaan Protokol Kesehatan untuk pencegahan covid-19 gencar disosialisasikan oleh pemerintah. Mulai ditingkat pusat, provinsi hingga kabupaten bahkan hingga kecamatan dan desa. Salah satunya adalah sosialisasi penggunaan masker.

Baru – baru ini penggunaan masker pun tidak asal masker namun masyarakat disarankan untuk tidak menggunakan masker scuba dan masker dari buff.

Sementara untuk Pemerintah Kabupaten Sumedang, ketika dimintai tanggapannya belum berencana melakukan razia terhadap pengguna masker scuba dan buff yang dinilai kurang efektif dalam mencegah penyebaran virus korona.

Sekretaris Satpol PP Kabupaten Sumedang, Deni Hanafiah mengatakan, hingga saat ini petugas gabungan dari Satpol PP, Polisi dan TNI masih fokus melakukan razia terhadap warga yang tidak memakai masker saat beraktifitas di luar rumah. Sementara untuk warga yang kedapatan memakai masker scuba, atau buff akan diberi imbuan agar memakai masker yang lebih aman.

“Belum ada, (razia pengguna masker scuba), yang penting sekarang masyarakat harus tetap pakai masker saja,” ujar Deni.

Meski demikian, pihaknya tetap akan mengingatkan kepada masyarakat saat yang tidak memakai masker, bahwa penggunaan masker scuba dan buff tidak efektif mencegah virus korona.

“Kami akan sampaikan, lebih baik pakai masker kain daripada masker scuba. Tapi, tetap itu pilihannya ada di warga, yang penting kami sudah mengingatkan,” kata Deni.

Dikatakan, hingga saat ini pihaknya masih gencar menerapkan sanksi administratif bagi warga yang kedapatan tidak memakai masker saat beraktifitas di luar rumah.

“Razia masih rutin dilakukan setiap hari. Untuk sanksinya baru ringan, sedang berupa sanksi sosial, kalau sanksi berat berupa denda belum ada,” ucapnya. (gun)